Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suwandi Syam; Sang Tokoh Sejarawan, Penulis, dan Penjaga Perpustakaan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau

“Dengan dedikasi Bapak Suwandi terhadap pengelolaan perpustakaan yang tertata dengan baik dan menarik dipandang, pengunjung Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau bukan hanya kalangan  mahasiswa maupun Dosen Sejarah, namun juga para peneliti sejarah lokal yang ada di Sumatera Selatan.”

- Agus Susilo -

Suwandi Syam; Sang Tokoh Sejarawan, Penulis, dan Penjaga Perpustakaan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau

Bapak H. Suwandi Syam adalah salah satu tokoh pejuang literasi asal Lubuklinggau, Sumatera. Kisahnya dimulai ketika pada tahun 1987,  saat beliau masih aktif sebagai PNS di Sekolah Dasar, kampus STKIP PGRI Lubuklinggau didirikan dan beliau ikut andil sebagai Sekretaris dalam panitia pembangunannya. Sehingga beliau termasuk dalam jajaran perintis kampus STKIP PGRI Lubuklinggau dan memiliki peran besar di kemudian hari.

Setelah kampus STKIP PGRI Lubuklinggau berdiri dan resmi beroperasi dengan tiga program studi (Prodi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Prodi Pendidikan  Bahasa Inggris), Bapak Suwandi ditugaskan menjadi Dosen Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau dan Pembantu Ketua 1 STKIP PGRI Lubuklinggau di sela-sela kesibukannya sebagai guru Sekolah Dasar. Beliau juga mempelajari Aksara Ulu (Aksara Melayu) dan menuliskannya dalam sebuah peta konsep yang disimpan di Perpustakaan STKIP PGRI Lubuklinggau.

Pada tahun 1996, jabatan Bapak Suwandi Syam sebagai Pembantu Ketua 1 STKIP PGRI Lubuklinggau telah usai. Lalu, Bapak Suwandi diberi tanggung jawab baru sebagai Kepala Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau, karena dedikasinya dalam menjalankan tugas sebelumnya yang dinilai sangat baik. Selain itu, beliau memang tokoh masyarakat, sejarawan, dan penggiat Aksara Ulu Sumatera Selatan yang banyak koleksi karya-karyanya, seperti arsip-arsip pendirian Kampus PGRI Lubuklinggau, buku, dan gambar desain Aksara Ulu Sumatera Selatan.

Menjabat sebagai Kepala Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah, Bapak Suwandi banyak memberikan kemajuan dalam penataan sumber bacaan di  Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau, yang mayoritas berisi buku-buku sejarah, baik nasional maupun sejarah dunia dari berbagai negara di dunia. Selain itu, beliau juga melengkapinya dengan koleksi buku-buku pendidikan. 

Mayoritas buku-buku yang berada di Perpustakaan STKIP PGRI Lubuklinggau dikelola oleh Bapak Swandi dengan baik dan ditata sesuai kajian dan lingkupnya. Sehingga akan mudah untuk dicari, siapa saja yang membutuhkan referensi terkait penelitian dan tugas kuliah. Karena Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau ini kebanyakan digunakan oleh mahasiswa pendidikan sejarah untuk mencari sumber terkait tugas perkuliahan dan juga untuk menunjang skripsinya. 

Berkat Bapak Suwandi Syam selama menjadi Kepala Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau, pengelolaan perpustakaan yang berskala kecil dan tradisional tersebut menjadi tertata dengan baik. Banyak koleksi yang beliau tata sesuai dengan scope-nya. Hal tersebut menjadikan setiap pengunjung perpustakaan ini tidak mengalami kesulitan dalam mencari setiap referensi yang dibutuhkan. Beliau selalu rajin dan sabar dalam melayani pengunjung Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau yang ingin membaca dan meminjam buku-buku di perpustakaan ini. 

Dengan kemampuannya membuat Aksara Ulu, di dalam Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau juga banyak desain-desain Aksara Ulu di Sumatera Selatan. Bapak Suwandi juga melengkapi Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau, selain tersimpan buku-buku, juga tersimpan berbagai media pembelajaran, seperti media diorama, peta konsep, dan berbagai media lainnya. Terkesan Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau seperti ruangan kelas, namun karena tertata dengan baik, menjadi lebih nyaman dan menyenangkan setiap pengunjung.

Dengan dedikasi Bapak Suwandi terhadap pengelolaan perpustakaan yang tertata dengan baik dan menarik dipandang, pengunjung Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau bukan hanya kalangan  mahasiswa maupun Dosen Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau, namun juga para peneliti dari sejarah lokal yang ada di Sumatera Selatan. Sehingga Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau menjadi rujukan bahan bacaan dan penelitian berbagai kalangan di Sumatera Selatan, dengan pelayanan yang sangat memuaskan. 

................
Kisah lengkap "Suwandi Syam; Sang Tokoh Sejarawan, Penulis, dan Penjaga Perpustakaan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau" dapat anda baca di buku Membumikan Literasi.
Membumikan Literasi


Posting Komentar untuk "Suwandi Syam; Sang Tokoh Sejarawan, Penulis, dan Penjaga Perpustakaan Sejarah STKIP PGRI Lubuklinggau"