Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Raih Prestasi Melalui Literasi


Penulis : MHD. RIDWAN, S. Pd
Ditulis dalam rangka mengikuti Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa dengan tema Dari Desa Membangun Bangsa

Hari terus berganti hari, suara riuh rendah burung walet itu terus berbunyi tanpa henti. Jika suara burung itu tak ada lagi berarti listrik telah padam. Karena suara burung itu berasal dari rekaman kaset. Aku sudah terbiasa dengan bisingnya suara itu. Pagi ini aku sudah bersiap-siap dengan mengenakan kaos hitam kebanggaanku yang bertuliskan Volunteer Literasi. ya, pagi ini adalah jadwal kunjunganku ke SDN 019 bersama teman relawan lainnya untuk membawa gerobak baca gratis TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Hamfara Library yang rutin kami bawa setiap sabtu pagi ke sekolah dasar yang ada di tembilahan. Selain menyediakan bahan bacaan, saya dan teman lainnya akan mendampingi anak – anak  dalam memilih dan membaca buku yang mereka sukai. 

Ada yang istimewa pada pekan ini, kedatangan kami tidak semata membawa buku bacaan saja tetapi juga membawa permaianan tradisional, seperti tali yeye, engrang batok kelapa, bakiak, engklek/ congklak, boneka tangan, dan lain-lain.selain literasi baca tulis kami juga memperkenalkan literasi budaya melalui permainan tradisional baik yang menggunakan alat maupun tidak. Seperti permainan lolo cina buta, petak umpet, ikan ikanan dan tam tam buku. Kegiatan gerobak baca gratis ini selalu di sambut antusias siswa-siswi dan majelis Guru serta Kepala Sekolah. Dalam kegiatan ini kami bisa saling sharing terhadap gerakan literasi di bumi sri Gemilang.

TBM Hamfara Library Tembilahan bergerak, menggerakkan literasi dengan visi “sebagai pusat pendamping lembaga pendidikan dalam menyediakan informasi dan memfilter kemajuan teknologi digital melalui buku bacaan, Media Pembelajaran dan kegiatan kreatif lainnya”.  Dengan Misi Menyediakan buku bacaan dari berbagai kalangan usia. Baik dari anak-anak hingga orangtua ; Memadukan penggunaan teknologi digital dengan buku bacaan ; Memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memajukan dan memasyarakatkan taman bacaan agar lebih dikenal di tengah-tengah masyarakat;  Mengajak serta para generasi muda untuk terlibat dalam kegiatan meningkatkan minat dan daya baca; Mendampingi anak anak belajar dan bermain bersama dalam setiap program ; Menjadikan tbm hamfara library sebagai pustaka bergerak yang bisa diakses banyak orang dalam menebar manfaat.

Bergeraknya kegiatan literasi ini berawal dari saya dan istri yang rutin membuka lapak baca gratis di taman kota setiap akhir pekan. Dimana kami membawa dua ransel buku bacaan dari segala usia, mulai anak-anak Hingga orang tua. Pada mulanya banyak yang beranggapan kami adalah penjual buku jadi mereka hanya melihat dari kejauhan. Berdasarkan pengalaman ini saya buat tulisan di kertas HVS dengan tulisan besar-besar, BACA GRATIS. Syukur Alhamdulillah sejak saat itu banyak yang mampir walau hanya sekedar lihat dan pegang-pegang buku saja. Terutama anak-anak yang datang bersama orangtuanya.

Kegiatan ini terus berlanjut dan kami juga menambah bawaan selain buku bacaan kami membawa XBanner BACA GRATIS, lembar mewarnai, puzlle, boneka, buku Gambar dan Crayon. Alhasil semakin lama semakin ramai pengunjung lapak baca gratis kami. Sebuah rasa yang luar biasa saat melihat anak-anak dan orangtua saling tersenyum saat membaca buku bersama dan anak-anak tertawa saat diberi fasilitas belajar gratis di taman kota yang asri. Inilah yang membuat saya dan istri termotivasi dalam gerakan ini. Kepuasan hati bisa bergerak dalam gerakan literasi ini. Dimana harapan kami bisa terus istiqomah, terus komitmen dalam mencerdaskan anak bangsa melalui gerakan literasi.

Hal yang diluar dugaan kami datang seorang teman  dari Dompet Dhuafa yang menyatakan diri ingin bergabung dalam gerakan literasi ini. Gayungpun bersambut, saya terima dengan senang hati. Sejak saat itu satu per satu relawan mulai bergabung di TBM Hamfara Library. Untuk saat ini ada sepuluh relawan yang aktif mendampingi kegiatan literasi di TBM Hamfara Library. Hingga saat ini di tahun keempat gerakan literasi TBM Hamfara Library mereka masih setia mendampingi. Sebenarnya relawan literasi lebih dari sepuluh dikerenakan banyak yang melanjutkan pendidikan di luar kota jadi hanya sepuluh tersebutlah yang aktif. Meskipun begitu walau berada di luar kota, kita selalu berkomunikasi dan saat mereka libur kuliah, mereka bergabung lagi dalam gerakan ini dengan membawa ide-ide kreatif untuk menambah inovasi gerakan literasi.Latar belakang relawan TBM Hamfara Library ada ibu rumah tangga, Guru, Dosen, Jurnalis, Mahasiswa, Siswa, Pengacara, praktisi pendidikan, barista, koki, freelance dan lain-lain. Hal ini membuat gerakan semakin berwarna dengan berbagai macam ide yang selalu dilahirkan untuk gerakan semakin massif.

Selama perjalanan empat tahun gerakan literasi ini tidak lepas dari rintangan dan halangan. Terutama saat semangat lagi menurun, tentu saja gerakan akan terhenti. Jadi disinilah peran relawan untuk saling menyemangati dalam gerakan agar tidak padam api perjuangan. Terus semangat dalam bergerak, menggerakkan literasi di bumi Indragiri bersama menyebarkan virus literasi dan mengkampanyekan gemar membaca buku. Supaya masyarakat bisa kembali meningkatkan minat baca buku terutama kalangan anak-anak generasi milenial yang sudah terbiasa dengan gadget (gawai) tentu sangat sulit mengalihkan perhatian anak-anak dari gawai ke buku bacaan. Disinilah tantangan kami berikutnya dalam gerakan ini. Tidak boleh patah semangat dalam gerakan ini. Apalagi program yang dijalankan sudah banyak. Bersama relawan TBM Hamfara Library memiliki program unggulan yaitu Gerobak Baca Gratis Goes to School, Gerobak Baca goes to lorong-lorong, seminar Literasi, diskusi online, bakti sosial, donasi buku bacaan, belajar bersama, pojok baca,  open rekrutmen, lomba hari anak dan lain-lain. Selain itu TBM Hamfara Library bersinergi dengan banyak komunitas dan instansi untuk menambah mitra dan jaringan agar kegiatan bisa semakin luas. Masih ada program lainnya yang amsih dalam perencanaan yaitu, reading door to door, sepeda baca goes to lorong-lorong dan satu desa satu rumah baca. Semoga kedepannya program ini segera terlaksana dengan program pemberdayaan untuk relawan dan masyarakat sekitar.

Ibarat rintik air yang terus menerus memecahkan kerasnya batu, begitu juga gerakan literasi ini dalam menorehkan prestasi. Seleksi demi seleksi dan lomba demi lomba diikuti, Selama empat tahun gerakan TBM Hamfara Library banyak cerita pahit dan manis yang telah dihadapi tapi semua itu berganti senyum ceria saat kita bisa menorehkan prestasi.  Prestasi yang telah diraih selama dalam gerakan ini adalah sebagai berikut, terpilih sebagai Peserta Residensi Penggiat Literasi Nasional 2018 di Tasikmalaya, Jawa Barat diwakili oleh Mhd. Ridwan   ; relawan terpilih menjadi Duta Gemari Baca tingkat Nasional 2018 di tangerang di wakili oleh Muhammad afrizal indra pratama ; terpilih kembali menjadi Peserta Residensi Penggiat Literasi Nasional 2019 di Yogyakarta diwakili oleh redovan jamil selaku penasehat TBM Hamfara Library ; selanjutnya lima relawan (Wahyu Rizki Aulia, Muhammad Afrizal Indra Pratama, Muhammad Furqon, Redovan Jamil dan Selviany) terpilih menjadi Peserta Kemah Budaya Kaum Muda 2019, Candi Prambanan Yogyakarta ; Peserta Persamuhan Nasional Bakti Kampung 2019, di Banten diwakili oleh Mhd. Ridwan  dan Marsel Agustian ; Peserta Terbaik Propinsi Riau pada Persamuhan  Nasional oleh Mhd Ridwan  ; terpilih menjadi wanita hebat versi Narasi TV; TBM Kreatif dan Rekreatif 2020.

Harapan kami semoga bisa tetap mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang tealh diraih tanpa cepat berpuas hati. Menjadikan segala prestasi ini sebagai motivasi agar terus semangat dalam bergerak, menggerakkan literasi bagi generasi penerus harapan ibu pertiwi di negeri tercinta ini.

Tanggapan yang didapat selama ini Alhamdulillah sangat responsif, baik dari masyarakat maupun instansi pemerintah. Mungkin bisa ditingkatkan lagi dengan mengadakan sinergi bersama agar kegiatan literasi ini semakin meluas dan bisa menjadi motivasi kawan lainnya dalam pergerakan ini baik di kota maupun di desa. Tapi apapun tanggapan yang diperoleh, baik ataupun tidak. Komitmen kami tetap terus bergerak, karena passion kami memang ada di literasi ini.

Semoga kedepannya apa yang saya dan kawan – kawan usahakan ini semakin berkembang. anak anak semakin mengenal dan mencintai literasi. Harapan kami semoga terciptanya satu desa satu rumah baca di kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Semakin tumbuh minat baca masyarakat walaupun sudah berada di zaman digital yang mana informasi begitu mudah di dapat melalui smartphone tetapi buku harus tetap di sanubari. Tetap cinta literasi. Mari bergerak, menggerakkan literasi. Terus bergerak, bergerak terus. Raih prestasi melalui Literasi. Salam Literasi.

Anak-anak tak sabar menanti Gerobak Baca keliling TBM Hamfara Library

Anak-anak yang berkunjung ke taman bacaan Hamfara Library

Buka lapak baca gratis bersama Osis SMPN 01 Tembilahan Hulu

Buka lapak Baca Gratis bersama Volunteer Literasi Indragiri

Membacakan Buku Cerita Anak di SDN 019 Tembilahan

Perpustakaan Gratis di Taman Bacaan hamfara Library Tembilahan


Tembilahan, 15 Agustus 2020

BIODATA PENULIS


Ridwan Syafii Ali biasa dipanggil Ridwan atau Amad, dilahirkan pada tanggal 14 Desember di kota seribu parit  atau lebih dikenal sebagai kota Tembilahan. Putra dari pasangan M. Syafii dan Siti Fatimah (almh). Merupakan penginisiasi berdirinya Taman Bacaan Masyarakat Hamfara Library juga diamanahkan sebagai Kepala MDTA Ziqra Tembilahan.

Aktif membaca buku sejak kecil, membuatnya ingin memiliki perpustaakan sendiri. Keinginan tersebut telah terwujud. Kini membuka taman baca di rumahnya secara gratis, lapak baca buku Gratis, pojok baca gratis serta gerobak baca gratis. Siapa saja bebas membaca dan meminjam buku. Harapannya bisa menyebarkan virus baca keseluruh pelosok desa dengan hastag #TembilahanMembaca. cita-citanya ingin di Kabupaten Inhil tercipta satu desa satu rumah baca. Buku yang telah ditulisnya adalah “Literasi dalam saku” bersama teman-teman residensi penggiat literasi di tasikmalaya Jawa Barat.

Untuk bisa berkomunikasi dengannya bisa ke nomor Whatapps 0852-7231-8991 email : ridwansyafii166@gmail.com atau di sosial media facebook / instagram dengan nama : Ridwan Syafii Ali. Alamat korespondensi jalan sapta marga no. 83 RT. 02  RW 13 kecamatan Tembilahan Hulu Kab. Indragiri Hilir Riau 29213




59 komentar untuk "Raih Prestasi Melalui Literasi"

  1. Semoga terus Istiqomah dalam gerakan ini. Sukses selalu. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah berkat adanya ftbm hamfara library anak2 jadi mudah mencari buku dan semngat membaca tinggi mereka sangat antusias menyambut kedatangan ftbm hamfara library disekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapp.terima kasih atas support dan doanya sintiya. Dan terima kasih telah membersamai gerakan tbm hamfara selama ini.

      Hapus
    2. Luar biasa TBM HAMPARA..
      Semoga Bisa tetap Eksis dalam membudayakan Literasi terkhusus di Bumi Inhil ..dan Nusantara Indonesia...
      Keren
      Menginspiratif..
      Sukses dan terus bergerak Maju yaa teman

      Hapus
    3. Aamiin. Mksh banyak atas doa dan supportnya kak Eva. Mari membangun negeri melalui literasi di bumi Indragiri.

      Hapus
  3. MasyaAllah, terima kasih tak berangka utk semua pihak2 yh terlibat, baik pengurus maupun para donatur. Terima kasih juga telah membantu memajukan literasi di Republik ini. Bangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas supportnya Yudi. Sukses selalu buat Yudi.

      Hapus
  4. Alhamdulillah, sukses selalu Ftbm Inhil semoga semakin jaya dan sukses

    BalasHapus
  5. MasyaAllah, sangat inspiratif..
    Bisa menjadi motivasi bagi kami untuk menjadi pejuang literasi di daerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapp. Terima kasih supportnya Bu Fitri. Mari bersinergi membangun negeri Sri gemilang.

      Hapus
  6. Semangat memajukan generasi lewat literasi pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap. Terima kasih banyak atas supportnya pak Fitra dan Bu Ulfah..

      Hapus
  7. Baarakallah....maju terus TBM Hamfara Library. Semoga terus bisa berbagi manfaat buat banyak orang. We support you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih banyak atas doan dan supportnya SMP 1 batang Tuaka dan Bu tanti

      Hapus
  8. Terus bergerak, TBM Hamfara Library. Pejuang sejati literasi. Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Aamiin aamiin. Terima kasih banyak bunda gadis jerambah atas doa dan supportnya. Salam literasi.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Aamiin aamiin. Terima kasih banyak pak doktor atas doa dan supportnya. Salam literasi.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Aamiin aamiin. Terima kasih banyak TBM Nabila atas doa dan supportnya. Salam literasi.

      Hapus
  11. Sukses terus buat TBM HAMFARA.. semoga bisa menginspirasi yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin. Terima kasih banyak atas doa dan supportnya. Salam literasi.

      Hapus
  12. Sukses selalu TBM Hamfara Library. Semoga terus bergerak menggerakkan literasi di bumi indragiri. Barakallah💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin amiin. Mksh byk doa dan supportnya kimbs.. thanks juga telah membersamai gerakan ini.

      Hapus
  13. Barakallah,semangat trus tbm hamfara library ,semangat Bergerak menggerakkan literasi di bumi Indragiri. ❣️ Sukses selalu 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin amiin. Mksh byk doa dan supportnya kakak.

      Hapus
  14. Semoga TBM Hampara Library terus maju dan memberikan motivasi motivasi khususnya indragiri hilir .aaamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin amiin. Mksh byk doa dan supportnya Bu Susi..

      Hapus
  15. Semoga TBM Hampara Library terus maju dan memberikan motivasi motivasi khususnya indragiri hilir .aaamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin amiin. Mksh byk doa dan supportnya Bu Susi..

      Hapus
  16. Alhamdulillah terus semangat berkarya dan berbagi, insyaAllah akan jadi sebaik2 manusia seperti yg disabdakan Rasul. Jadi jalan kebaikan buat banyak orang dan smoga jadi amal jariyah. Aamiin.

    BalasHapus
  17. Luar Biassa,, tiada hati tak tersentuh, dengan gerakan penuh value ini. Jauh dari Ambisi ekonomi dan kekuasaan, Pejuang literasi Tbm hamfara adalah contoh laskar ikhlas sesungguhnya! Panjang Umur Perjuangan!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik. Terima kasih banyak supportnya pak Hendro..

      Hapus
  18. Jika 1 desa ada 1 saja seperti ini, semakin optimislah tentang kemajuan Indonesia di masa mendatang. Semoga akan ada TBM lain layaknya Hamfara Library :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ini akan menjadi program kami selanjutnya. Satu desa satu rumah baca. Tentu dg dukungan masyarakat juga. Kbtln di Guntung blm ada. Hehhehe. Ayo buka Titi di guntung

      Hapus
  19. Mantap pak, teruslah membudayakan literasi pada generasi muda.

    BalasHapus
  20. semangat berkarya membudayakan membaca untuk semua. sukses slalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih banyak Arlen. Sukses selalu buat Arlen..

      Hapus
  21. Semoga terus menginspirasi, semangat menebar ilmu, sukses terus :) salam literasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih banyak atas doa dan supportnya kk

      Hapus
  22. Semoga sukses slalu dan tetap semangat dalam berkarya

    BalasHapus
  23. Keren. Dari yang kecil-kecil ternyata hasilnya besar ya. Semangat untuk gerakan literasi ini, Kak Ridwan. Dulu aku pernah ikut gerakan literasi serupa waktu masih piyik di Padang. Ternyata di banyak tempat banyak yang melakukan hal yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pernah berkecimpung di dunia literasi juga Hanum. Keren ni. Sukses selalu buat Hanum..

      Hapus
  24. Wah..luar biasa mas Ridwan. Semoga TBM Hamfara Library selalu dimudahkan untuk bergerak menggerakkan literasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas. Senang bisa berkontribusi disini bersama mas dan dompet dhuafa serta volunteer

      Hapus
  25. Luar biasa ridwan ,anak muda yang mampu mengerakan gerakan literasi diera kemajuan ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah masih diberi kesempatan Bu. Salaam literasi

      Hapus
  26. Alhamdulillah smga dgn adanya TBM HAMFARA Library spirit membaca terus meningkat yg tentunya jga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dan smga kelak jadi amal jariyah utk bang ridwan dkk yg mengembangkan TBM HAMFARA Library aamiin ya robbal alamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin. Terima kasih atas doa dan support bang Sony. Sukses selalu buat bang Sony.

      Hapus