Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perpustakaan Desa Balai Pintar: Memberdayakan Masyarakat Melalui Berbagai Pelatihan Ekonomi Kreatif

Perpustakaan Desa Balai Pintar Memberdayakan Masyarakat Melalui Berbagai Pelatihan Ekonomi Kreatif

Penulis : Dewi Ria Rahayu,SE
Ditulis dalam rangka mengikuti Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa dengan tema Dari Desa Membangun Bangsa

Perpustakaan merupakan sumber informasi yang tepat sebagai pusat kegiatan masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan lewat budaya gemar membaca dan mencintai buku sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan demi terwujudnya tata kehidupan sosial masyarakat yang lebih berwawasan, terarah dan sejahtera. 

Kelurahan Pengkol sebagai Kalurahan Tertinggal dan Perpustakaan berusaha meningkatkan sumber daya masyarakat serta menumbuhkan kesadaran rendahnya minat baca, untuk menambah wawasan dan pengetahuan guna mencerdaskan kehidupan  masyarakat. Maka dibangunlah Perpustakaan “Balai Pintar” yang berdiri pada tanggal 24 April 2014, dengan harapan agar dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat serta mengembangkan Sumber Daya Manusia demi tercapainya masyarakat yang cerdas, terampil, mandiri dan berkualitas. 

Jenis Kegiatan/Inovasi Perpustakaan Desa Balai Pintar

Sejak berdirinya, perpustakaan Balai Pintar belum sepenuhnya dikenal oleh masyarakat. Proses membangun perpustakaan mengalami kembang kempis naik turun, hingga kami bangkit di tahun 2017 dan dimulai dengan kegiatan  atau Inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan minat kunjung dan minat baca masyarakat. Salah satunya adalah dengan inovasi kegiatan “English Club” yaitu kegiatan yang dilakukan setiap hari minggu jam 08.00-10.00 WIB yang diisi dengan les/bimbingan Bahasa Inggris gratis bagi anak-anak TK-SD yang berada di wilayah desa pengkol dan  juga wilayah sekitar desa pengkol. Dengan Inovasi ini diharapkan banyak anak-anak yang berkunjung ke perpustakaan desa dan setiap anak-anak yang bergabung dalam “English Club” wajib meminjam buku di perpustakaan desa. 

Untuk tenaga pengajar, kebetulan sekali salah satu pengelola kami adalah seorang sarjana Bahasa inggris. Beliau adalah Mba Nisa yang menjadi pengajar “English Club” dan dibantu para pengelola yang lain. Karena ini Gratis, maka kami bersama-sama saling membantu untuk kelancaran kegiatan ini.  Lalu kami juga mengadakan kegiatan Sabtu Menari yaitu kegiatan Les Menari untuk anak-anak TK dan SD setiap hari Sabtu Pagi jam 08.00-10.00 WIB secara Gratis bagi warga kalurahan pengkol dan sekitarnya. Kedua pembimbing kegiatan tersebut adalah pengelola perpustakaan jadi tidak perlu mendatangkan guru dari luar.

Tidak hanya berhenti sampai disini, kami mengadakan rapat koordinasi dengan Bapak Lurah untuk diskusi memohon agar diberikan anggaran kepada perpustakaan guna untuk berkegiatan dengan melibatkan masyarakat yang akan kami adakan dalam tahun-tahun ke depan. Dan Alhamdulillah pemerintah kelurahan beserta Lurah dan Pamong sangat mendukung kegiatan kami. 

Akhirnya berbagai kegiatan pelibatan masyarakat kami lakukan sampai dengan tahun 2020 ini. Di antaranya:

  1. Pelatihan Membuat Keset dari kain Perca
  2. Pelatihan Membuat Minuman Jahe Instan
  3. Pelatihan Membuat keranjang dari Pandan
  4. Pelatihan Menyablon Kaos
  5. Pelatihan Membuat bros Hijab
  6. Pelatihan Marketing Online
  7. Pelatihan membuat pupuk dari bahan Organik
  8. Pelatihan Hidroponik
Pelatihan pelatihan tersebut diikuti oleh berbagai kalangan dari ibu-ibu PKK, Karang taruna, Pelaku UMKM, Kelompok Pertanian, hingga bapak-bapak RT. Dengan kegiatan ini sangat terlihat antusiasme warga dalam mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, bahkan beberapa warga dengan semangatnya mempraktekkan di rumah dan kemudian dijual di warung-warung maupun secara Online. Tentunya hal ini berdampak positif dalam meningkatkan perekonomian warga kalurahan pengkol. Ada dua nilai positif, yang pertama warga masyarakat mengenal mengetahui keberadaan perpustakaan dan juga meningkatkan minat kunjung masyarakat, minat baca masyarakat dan tentunya juga meningkatkan perekonomian warga masyarakat. 

Selain kegiatan diatas kami juga melakukan kerjasama dengan karang taruna kalurahan juga karang taruna kabupaten, dengan tujuan melakukan kegiatan di luar ruangan seperti outbond agar anak-anak tidak bosan dengan kegiatan yang sudah ada. Dengan kegiatan ini anak-anak sangat antusias dan bahagia sekali. 

Dukungan dan Hambatan 

Dalam menjalankan perpustakaan ini banyak sekali tantangannya, karena letak Geografis Kalurahan Pengkol ini berada di pegunungan dan juga jarak tempuh antara perpustakaan dan rumah warga jauh, sehingga sangat menghambat anak-anak untuk datang ke perpustakaan. Biasanya orangtua mereka yang mengantar ke perpustakaan untuk berkegiatan. Untuk mengatasi hal ini dalam rangka peminjaman buku maka kami ada inovasi yaitu setiap padukuhan kami adakan Pojok Baca masyarakat jadi untuk kebutuhan buku bisa didapatkan di padukuhan masing-masing. Namun untuk berkegiatan tetap difokuskan di Perpustakaan Balai Pintar. 

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari pemerintah kalurahan utamanya bapak lurah selaku pemangku kebijakan. Juga berbagai lembaga kalurahan mendukung adanya Perpustakaan Balai Pintar ini. Berbagai Inovasi kegiatan kami ini tentunya sangat didukung oleh Bapak Margiyanto selaku  kepala Desa juga rekan-rekan perangkat desa selaku Pemerintah Desa pengkol karena dengan kegitan ini masyarakat semakin mengenal perpustakaan desa dan banyak warga masyarakat yang berkunjung  ke perpustakaan desa sehingga tujuan kami bisa tercapai yaitu meningkatkan minat baca masyarakat.
Dengan Berbagai Inovasi ini, Balai Pintar juga telah masuk menjadi Program Inovasi Desa pada tahun 2019 yang dikembangkan oleh Pemerintah Kapanewon. Selain itu, Balai Pintar mendapatkan beberapa Prestasi yang di antaranya :

  1. Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2018
  2. Juara 3 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Tahun 2019
  3. Juara 3 Lomba Lapak Tingkat Kabupaten Tahun 2019
  4. Juara 3 Lomba Kreativitas Masyarakat Tingkat Kabupaten Tahun 2020
  5. Akreditasi A Oleh Perpusnas Tahun 2020
  6. Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Tahun 2020
  7. Dan Saat ini Masih Berlangsung Lomba Tingkat Nasional Mewakili Provinsi D.I.Yogyakarta


Dokumentasi Kegiatan Perpustakaan Desa Balai Pintar

Ruang Pengelola Perpustakaan Desa Balai Pintar

Dokumentasi Koleksi Buku Perpustakaan Desa Balai Pintar

Salah satu sisi gedung Perpustakaan Desa Balai Pintar

Salah satu Pojok Baca di Perpustakaan Desa Balai Pintar


BIODATA PENULIS

Nama : Dewi Ria Rahayu,SE
TTL : Gunungkidul, 26 Januari 1985
Agama : Islam
No. HP : 0819.0319.6622
Pekerjaan : Kaur Tata Laksana Pemerintah Kalurahan Pengkol ( Pengelola Perpusdes    Balai Pintar Desa Pengkol )
Alamat : Gebang Rt 01/02 Pengkol Nglipar Gunungkidul D.I.Yogyakarta

Posting Komentar untuk "Perpustakaan Desa Balai Pintar: Memberdayakan Masyarakat Melalui Berbagai Pelatihan Ekonomi Kreatif"