Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggerakkan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui TBM Ceria Desa Padurenan, Gunung Sindur, Bogor


Penulis  : Muhammad Sopian Sidik
Ditulis dalam rangka mengikuti Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa dengan tema Dari Desa Membangun Bangsa

Melihat keadaan desa kami yang disibukan dengan kegiatan-kegiatan perindustrian yang kian lama makin melekat pada keseharian masyarakat, di saat lingkungan masyarakat dilanda dengan semua itu, beberapa anak muda mencoba untuk mengembangkan inovasi yang bersifat fun atau ceria dimana orang-orang atau anak-anak bisa menikmati apa yang kita ciptakan. Akhirnya, dengan kesepakatan bersama, maka lahirlah sebuah wadah edukasi yang memang sesuai dengan kondisi para pemuda pada waktu itu, yakni Taman Baca Masyarakat, yang memang merujuk pada Perpustakaan Desa yang sudah lama vakum.

 Agustus 2018 mulailah tahap pertama yakni membuat ruangan dan mengumpulkan buku-buku dari manapun, lambat laun mulai terkumpul buku-buku dari para relawan, aktivis, dll dan siap untuk disusun serapih mungkin. Di tengah Sawah dan kebun pinggiran kampung yang dikelilingi pohon-pohon tinggi yang memayungi, di sanalah tepat berdirinya Taman Baca kami. Walaupun tanah yang kita tempati milik seorang warga akan tetapi pemilik pun mengizinkan bahkan mendukung penuh program tersebut.

Menjadi insan yang bermanfaat merupakan inovasi terbesar kami dalam pendirian Taman Baca tersebut. Taman baca sudah berdiri bukan berarti sudah selesai, akan tetapi perjalanan baru dimulai. Banyak tantangan-tantangan yang kami hadapi, dan tantangan terbesar kami adalah bentuk konsistensi serta komitmen para pengelola agar tidak lepas dari tujuan awal.

Perlahan kami mulai bergerak untuk mengisi Taman Baca dari mulai memperkenalkan ke masyarakat dan lainnya khususnya kepada anak-anak dan para remaja. Beberapa minggu bahkan bulan kami mendapati sedikit yang mau berkunjung ke TBM kami, tapi itu semua tidak membuat kami lemah bahkan kegiatanpun terus berjalan dengan seadanya.

Akhirnya setelah 5 bulan berjalan, dengan program yang kami buat yakni Kelas TBM, mulailah masyarakat sekitar mulai menitipkan anaknya untuk mengikuti program tersebut, bahkan tak sedikit walinya pun ikut dalam proram tersebut. Program ini dilaksanakan setiap hari minggu pagi dengan pelajaran yang ringan seperti, mewarnai, games, keterampilan dan lain-lain. Prorgam inipun berjalan hingga saat ini. Kegiatan Minggu pagi inipun sangat disambut baik oleh warga yang ada di desa maupun di luar desa kami, bahkan sekolah-sekolah SD yang ada di sekitar TBM mulai rutin mengunjungi TBM untuk belajar, membaca atau sekedar bermain.

Di tengah berjalannya waktu muncul beberapa program kegiatan di TBM diantaranya Keterampilan Pemuda, dan Posyandu Remaja yang mewarnai TBM kami. Setelah beberapa lama kegiatan itu berjalan, akhirnya kami meraih prestasi yang cemerlang yakni dipilihnya TBM kami menjadi inovasi desa mewakili Kecamatan kami untuk kompetisi di Tingkat Kabupaten. Dan yang lebih mengesankan adalah dipilihnya Bu Selvi ( Beliau Mentor Posyandu Remaja ) sebagai Peserta Terbaik Ke-dua Se Provinsi Jawa Barat dalam hal Bidan Berinovasi. Dari sisi keterampilanpun mulai berkembang seperti pelatihan sablon, budidaya ikan hias dan bercocok tanam yang dapat mengisi kegiatan para sebagian pemuda untuk menambah keuangan mereka bahkan keuangan bersama.

TBM pun kini terus berupaya untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang dapat berdampak kepada kesejahteraan Masyarakat. Selain dalam bidang Pendidikan nonformal yang kami kembangkan seperti sekolah paket yang cukup membantu masyarakat, bidang keterampilan pemuda pun cukup berkembang. Alhasil, sekarang beberapa pemuda dapat mengembangkan kemampuan Sablonnya untuk berwirausaha.

Dokumentasi Kegiayan TBM Ceria Desa Padurenan, Gunung Sindur, Bogor

Dokumentasi Kegiayan TBM Ceria Desa Padurenan, Gunung Sindur, Bogor

Dokumentasi Kegiayan TBM Ceria Desa Padurenan, Gunung Sindur, Bogor

Dokumentasi Kegiayan TBM Ceria Desa Padurenan, Gunung Sindur, Bogor


Menarik bagi kami, hal yang luar biasa ketika si pemilik lahan berniat membuka taman wisata di tempat TBM yang kami miliki, dan saat ini terciptalah sebuah taman wisata yang bernama Empang Emak Niyah, kemudian beberapa pengurus TBM pun mulai mengelola kegiatan Wisata yang kami jadikan Wisata Edukasi. Tidak sedikit masyarakat yang berdampak positif dengan wadah ini, dari mulai berjualan, mengelola parkir dan lain sebagainya yang dilakukan masyarakat untuk menambah ekonomi mereka.

Ini merupakan salah satu tujuan kami yakni mengembangkan pendidikan kepada anak-anak, masyarakat bahkan berupaya meningkatn kesejahteraan masyarakat dalam hal ekonomi, sosial dan lainnya.

Kegiatan-kegiatan Unggulan TBM Ceria yang berjalan hingga saat ini :
  • Pendidikan Nonformal Bagi Masyarakat
  • Posyandu Remaja
  • Keterampilan Pemuda
  • Majlis Ta’lim
  • Taman Wisata Empang Emak Niyah.
Harapan kami semoga kedepan bisa menjadi lebih manfaat untuk kepentingan bersama, baik itu Sumber Daya Masyarakat maupun lainnya yang dapat membantu kesejahteraan secara finansial maupun moral.

Bogor, Agustus 2020





BIODATA PENULIS
Nama : Muhammad Sopian Sidik
TTL : bogor,12 september 1993
Alamat : Ds. Padurenan, Gunungsindur, Bogor
Pekerjaan : Wiraswasta
Kebangsaan : Indonesia
Agama : Islam
Motto : Belajar, Berjuang, Mengabdi
Organisasi : Karang Taruna, Gp Ansor, MWCNU

16 komentar untuk "Menggerakkan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui TBM Ceria Desa Padurenan, Gunung Sindur, Bogor"

  1. Mantap kang dengan konsep nya

    BalasHapus
  2. mencerdaskan kehidupan Bangsa👍

    BalasHapus
  3. Keren ih konsep taman bacanya

    BalasHapus
  4. Sangat inovativ sekali diera globalisasi saat ini. Dibentuknya wadah pendidikan yng berbasis taman baca. Semoga menginspirasi saya dan kawan kawan sekalian

    BalasHapus
  5. Keren! Semoga selalu menginspirasi ya!

    BalasHapus
  6. Mantap kang menginpirasi bgd kang ..

    BalasHapus
  7. kerenn berawal dari hal kecil tapi berdampak besar. Semoga terus menginspirasi! :)

    BalasHapus
  8. Mantap kang, inovasi yg sangat baik.

    BalasHapus
  9. Mantep ini kang, mudahan bisa selalu menginspirasi kang.

    BalasHapus
  10. Melawan sebuah keresan dengan pendidikan

    BalasHapus
  11. Emng mantep konsep kaya gini

    BalasHapus
  12. Emng mantep konsep kaya gini nih tbm

    BalasHapus
  13. Sangat bagus, jadi bisa mengembangkan bakat bakat yang ada dalam masyrakat. Terus menginspirasi!

    BalasHapus
  14. Mantap, Menjadikan Generasi muda Gemar membaca, karena membaca itu jendela ilmu, Jaya teruss

    BalasHapus
  15. Mantap, Menjadikan Generasi muda Gemar membaca, karena membaca itu jendela ilmu, Jaya teruss

    BalasHapus
  16. Kegiatan yang sangat bermanfaat, lanjutkan 👍

    BalasHapus