Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kehadiran Perpustakaan Sumber Ilmu Mampu Mengurangi Angka Buta Huruf Pada Masyarakat Kampung Pebadaran

Kehadiran Perpustakaan Sumber Ilmu Mampu Mengurangi Angka Buta Huruf Pada Masyarakat Kampung Pebadaran

Penulis : Siti Ariani Putri
Ditulis dalam rangka mengikuti Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa dengan tema Dari Desa Membangun Bangsa

Perpustakaan  kami berdiri tahun 2013 menjadi kebahagiaan tersendiri di desa kami memiliki gedung  ini, kami  dapat  menemukan buku-buku yang bisa membantu kami sebagai masyarakat guna pembelajaran dan sumber pengetahuan baru.

Pada awalnya antusias berkunjung masyarakat begitu minim berkat promosi dan kerja  keras akhirnya  masyarakat  satu  persatu  mulai berminat  berkunjung ke perpustakaan  terutama anak-anak,pelajar dan  ibu-ibu rumah tangga  aktif.

Namun harapan kadang tidak sesuai dengan yang di inginkan seperti pemaksaan  kepada mereka  untuk berkunjung ke perpustakan kami, seperti di abaikan karena mungkin media  sosial  dan telepon genggam lebih mudah memberi informasi yang mereka butuhkan, hingga kami buka program belajar terfokus di anak-anak sekolah dasar, akhirnya banyak orang tua yang merespon dan mengantarkan anak-anak mereka belajar dengan kami. Hal menarik di sini ialah beberapa anak-anak yang tadinya kesulitan dalam belajar bahkan tinggal kelas akhirnya berhasil dan dari mereka rata-rata meraih juara dikelasnya, menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami pihak perpustakaan karena langkah awal berhasil menarik kepercayaan orang tua untuk lebih mendekatkan anak-anak mereka dengan perpustakaan dengan tujuan belajar, juga sebagai promosi awal kepada orang tua untuk mengetahui bahwa perpustakaan juga banyak menyediakan buku-buku inspiratif di mana masyarakat yang ingin menambah pendapatan atau penghasilan, bisa dengan memulainya dari perpustakaan dengan membaca buku-buku dan bertanya  langsung  kepada  kami  pihak  perpustakaan.

Alhamdulillah, antusias pun bertambah dari masyarakat, ibu-ibu rumah tangga banyak yang berkunjung dan membaca terutama yang mereka baca tentang olahan tata boga yang bisa mereka jual untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dan banyak  juga buku bacaan tentang obat-obatan herbal yang di cari dan di baca karena dari buku jelas sumber penulisnya  yang kadang tidak d jumpai melalui media internet dari telepon genggam, dan buku-buku yang berjudul tentang keagamaan pun lumayan cukup banyak di cari “Alhamdulillah guna pembenahan akhlak”.

Kini sedikit-sedikit buta huruf sudah berkurang di desa kami dan banyak olahan-olahan makanan baru yang bisa kami dapatkan di desa kami, berkat perpustakaan bahkan  untuk  keagaaman alhamdulillah desa kami termasuk desa yang cukup religius. Saya pun masih menaruh harapan besar sebagai anggota perpustakaan agar perpustakaan kami bisa lebih memfasilitasi masyarakat semisal buku-buku dalam jumlah yang lebih banyak lagi, fasilitas internet dan jaringan serta beberapa sarana dan prasarana yang cukup guna  memenuhi kebutuhan  masyarakat  di desa  kami.

Dan di tengah pandemi wabah Covid19 perpustakaan kami seakan terhenti d mana masyarakat lebih banyak diam di rumah dan liburnya sekolah-sekolah “menyedihkan memang!”. Tapi kami tak  mau cukup diam , kami tetap jalankan program pelayanan terutama  dalam program belajar  anak-anak, mereka harus tetap belajar walau daring di rumah tetapi juga belajar dengan buku kami di perpustakaan dengan memenuhi syarat  standar Covid  tentunya cuci tangan dan  gunakan masker. Semoga wabah ini cepat berlalu agar perpustakaan kami kembali dengan normal menjalankan tugasnya serta kehidupan masyarakat dunia kembali pulih dan sehat seperti sedia kala... Aminnn .

Salam   literasi !!!



BIODATA PENULIS

Nama : Siti Ariani Putri
Tempat, Tanggal Lahir : Bukit Karya, 18 Januari 1987
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Kampung Pebadaran Kec.Pusako Kab.Siak Prov. Riau
No. HP : 082285412387
Pendidikan Terakhir : SMA TPI  Kebun Besilam Lembasah Kab. Langkat Sumut
Pekerjaan  : Ibu Rumah Tangga dan Staf Perpustakaan Sumber Ilmu Kampung Pebadaran     


Gedung Perpustakaan Sumber Ilmu

Layanan Sirkulasi Buku Perpustakaan Sumber Ilmu

Kegiatan Belajar Mengajar Warga Di Perpustakaan

Ruangan Perpustakaan Pasca Renovasi

Posting Komentar untuk "Kehadiran Perpustakaan Sumber Ilmu Mampu Mengurangi Angka Buta Huruf Pada Masyarakat Kampung Pebadaran"