Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Jenis Buku yang Wajib Ada Di Perpustakaan Desa

Tiga Jenis Buku yang Wajib Ada Di Perpustakaan Desa

Pengunjung Perpustakaan Desa akan betah dan terus menerus ingin berkunjung ke perpustakaan apabila buku-buku yang disediakan sesuai dengan kebutuhan mereka. Maka dari itu, perlu bagi Perpustakaan Desa mengoleksi buku-buku bacaan yang menarik perhatian para pengunjung dari berbagai kalangan dan usia.

Berikut Tiga jenis buku yang harus disediakan oleh Perpustakaan Desa:

A. Buku Anak-anak

Kalua kita perhatikan, kebanyakan pengunjung yang aktif datang dan bermain di Perpustakaan Desa adalah kalangan anak-anak. Karena selain sebagai tempat belajar, anak-anak menjadikan Perpustakaan Desa sebagai tempat bermain dan berkumpul dengan teman-temannya. Sehingga, perlu diperbanyak koleksi buku bacaan untuk anak-anak di Perpustakaan Desa.

Buku bacaan untuk anak-anak dapat dibagi menjadi 3 bagian sebagai berikut:

1. Buku Dongeng dan Cerita

Usia anak-anak senang sekali membaca buku dongeng dan cerita, terutama buku dongeng bergambar. Selain untuk mengasah keterampilan mereka membaca, buku dongeng juga berisi pesan-pesan moral yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak.

2. Buku Aktivitas dan Keterampilan 

Anak-anak senang beraktivitas dan bermain, sehingga diperlukan buku-buku permainan dan keterampilan seperti buku gambar, buku permainan tradisional, dan aktivitas yang edukatif bagi anak.

2. Buku Pengetahuan 

Buku pengetahuan yang disajikan dengan ilustrasi atau gambar sangat penting bagi perkembangan anak. Karena selain bermain, anak-anak perlu secara perlahan mengetahui banyak hal dalam kehidupan mereka. Misalnya buku Ensiklopedia Tumbuhan, Tubuh Manusia, dan sebagainya.

B. Buku Remaja 

Anak usia remaja seringkali nongkrong di Perpustakaan Desa. Selain bertujuan untuk sekadar berkumpul dan ngobrol dengan teman-temannya yang lain, mereka juga perlu membaca buku-buku yang bermanfaat dan juga menghibur di waktu senjang.

Berikut buku-buku yang cocok untuk usia remaja:

1. Buku Novel, Puisi dan Cerpen

Remaja akan senang sekali apabila di Perpustakaan Desa tersedia buku-buku Novel, Puisi, dan Cerpen. Selain sebagai hiburan, buku-buku tersebut juga berisi pesan moral tersirat yang bisa membentuk karakter kehidupan mereka sehari-hari.

2. Buku Kepemudaan dan Karangtaruna

Sebagai generasi yang sudah masuk pada masa transisi, para remaja perlu memulai belajar tentang aktivitas kehidupan di masyarakat. Misalnya, bagaimana cara berperan dalam  perkumpulan/organisasi, bagaimana membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak (Kekarangtarunaan), bagaimana membangun usaha dan keterampilan yang mandiri, dan sebagainya.

3. Buku Motivasi dan Pengetahuan 

Usia remaja sangat cocok membaca buku-buku motivasi dan pengetahuan. Karena biasanya usia remaja mengalami banyak masalah dan rintangan. Sebut saja misalnya soal percintaan, perjuangan hidup dalam mencari jati diri, dan sebagainya.

C. Buku Orang Dewasa

Orang dewasa biasanya sangat jarang mengunjungi Perpustakaan Desa, yang disebabkan oleh kesibukan mereka dalam mengurus rumah tangga. Sehingga Perpustakaan Desa perlu menyediakan buku-buku yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka. Karena bagaimanapun juga, setiap keluarga memiliki keinginan untuk lebih maju dan berkembang.

Berikut buku-buku yang dibutuhkan oleh masyarakat usia dewasa:

1. Buku Resep Masakan 

Di dalam rumah tangga, masyarakat usia dewasa pasti bersentuhan dengan masakan di setiap harinya. Sehingga mereka perlu membaca buku-buku resep yang menarik untuk dijadikan variasi tambahan dalam masakan mereka, dengan isi buku yang mudah dipahami dan dapat langsung dipraktekkan.

2. Buku Pertanian atau Peternakan

Bagi masyarakat desa, buku-buku pertanian dan peternakan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan pertanian dan peternakan mereka. Selain berisi tata cara bertani dan beternak, buku-buku yang disediakan juga perlu menjelaskan tentang prospek usahanya.

3. Buku Bisnis dan Keterampilan

Masyarakat usia dewasa sangat membutuhkan pengetahuan mengenai cara-cara membangun usaha dan keterampilan-keterampilan dalam membuat produk tertentu. Karena kesejahteraan ekonomi adalah kubutuhan utama bagi keberlangsungan hidup mereka sehari-hari. Sehingga dengan tersedianya buku Bisnis dan Keterampilan di Perpustakaan Desa, mereka bisa belajar dan praktik langsung, baik secara otodidak maupun melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Desa.


Demikian penjelasan mengenai buku-buku yang harus ada di perpustakaan desa. Semoga semakin banyak perpustakaan desa yang tergerak untuk melengkapi koleksi mereka demi memenuhi kebutuhan para pembaca. Aamiin….

Posting Komentar untuk "Tiga Jenis Buku yang Wajib Ada Di Perpustakaan Desa"