Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Penting Perpustakaan Desa Bagi Kemajuan Masyarakat Desa

Peran Penting Perpustakaan Desa Bagi Kemajuan Masyarakat Desa
Gambar Hanya Sekedar Ilustrasi
Sebagian orang masih menganggap Perpustakaan Desa tidak terlalu penting dan kurang dirasakan kegunaannya bagi masyarakat. Hal itu disebabkan oleh kurangnya kesadaran dan pemahaman mereka tentang peran penting Perpustakaan Desa, yang sebenarnya sangat banyak sekali dan untuk berbagai sendi kehidupan demi kemajuan masyarakat desa. 

Berikut beberapa peran penting Perpustakaan Desa bagi kemajuan masyarakat desa yang perlu kita ketahui:

Menjadikan warga menjadi pribadi yang berwawasan luas, terbuka, toleran, dan peduli terhadap warga lainnya. 

Melalui buku-buku yang positif, yang warga baca di Perpustakaan Desa, mereka akan lebih terbuka mengenai berbagai pandangan hidup serta toleran dan peduli terhadap warga lainnya. Karena pengetahuan mereka tak lagi sempit dan memiliki banyak sudut pandang dalam melihat persoalan.

Menjadikan warga menjadi warga yang cepat merespon berbagai isu persoalan, baik sosial ekonomi, politik, pendidikan, dan lain-lain.

Warga yang sudah terbiasa membaca buku akan sangat mudah memahami dan merespon berbagai isu yang sedang berkembang. Misalnya isu politik desa, pembangunan desa, dan bahkan negara sekalipun. Mereka tidak sekadar menjadi warga yang konsumtif dan menerima segala informasi secara mentah, melainkan mereka akan kritis dan mudah dalam menyelamatkan kehidupan mereka.

Menjadikan warga menjadi pribadi yang berpikir positif dan penuh dengan ide-ide kreatif menuju kehidupan yang lebih maju dan lebih baik di masa depan.

Masyarakat pembaca tidak mungkin hidupnya begitu-begitu saja. Mereka akan memilih untuk berkembang melalui pengetahuan yang mereka miliki, tentu untuk kehidupan mereka yang lebih baik. Misalnya, warga pembaca akan mudah menangkap peluang ekonomi di bidang keterampilan tangan dan sebagainya.

Menjadikan warga menjadi pribadi yang terampil dan mudah dalam membuka peluang usaha demi kesejahteraan hidup mereka.

Seorang warga yang rajin membaca buku akan sangat ambisius mencari sumber pengetahuan lain ketika mereka menemukan sebuah peluang. Sebut saja misalnya dia menemukan peluang ekonomi di bidang keterampilan anyaman Bambu, maka selanjutnya mereka akan mencari buku-buku tentang tata cara menganyam Bambu. 

Menjadikan warga menjadi warga negara yang baik, serta ikut berperan aktif dalam pembangunan, baik tingkat desa maupun nasional melalui wawasan mereka yang luas dan terbuka.

Warga pembaca akan sangat aktif dalam kehidupan mereka. Berbeda dengan warga non pembaca yang sangat pasif dan cenderung menunggu dari pada bertindak secara positif. Warga pembaca akan aktif dalam pembangunan desa demi kemaslahatan dirinya dan warga lainnya.

Demikian penjelasan mengenai peran penting Perpustakaan Desa terhadap kemajuan masyarakat desa. Semoga semakin banyak desa yang tersadarkan dan akhirnya membangun dan mengembangkan Perpustakaan Desa mereka. Amiin.

Posting Komentar untuk "Peran Penting Perpustakaan Desa Bagi Kemajuan Masyarakat Desa"