Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa Total Hadiah Paket Buku Senilai 10 Juta Rupiah

Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa Total Hadiah Paket Buku Senilai 10 Juta Rupiah

MAKSUD DAN TUJUAN

Sebagai Perpustakaan Umum di tingkat pedesaan, Perpustakaan Desa memiliki peranan penting dalam menyediakan kebutuhan literasi dan informasi bagi masyarakat lapisan bawah secara langsung. Sebagaimana amanat dari undang-undang bahwa setiap desa diharapkan memiliki paling sedikit 1 perpustakaan. Dalam Rakornas Perpustakaan Nasional tahun 2020 diungkapkan bahwa julmah Perpustakaan Desa secara nasional tercatat sebanyak 33.929 dari 83.441 desa/kelurahan seluruh Indonesia. Berbagai macam upaya dilakukan oleh Pemerintah demi meningkatkan kuantitas serta kualitas Perpustakaan Desa, salah satunya adalah dengan mempersilakan Kepala Desa menggunakan Dana Desa (DD) untuk kebutuhan Perpustakaan Desa. Tak hanya oleh pemerintah saja, keberadaan perpustakaan desa perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selaku Distributor Buku yang kurang lebih selama 5 tahun terakhir menjadi mitra bagi Perpustakaan Desa dalam hal menyediakan buku-buku terbaik untuk Perpustakaan Desa, tentu kami juga tergugah untuk ikut serta mengembangkan Perpustakaan Desa khususnya Perpustakaan Desa yang telah menjadi mitra kami. Tak hanya menjual buku kepada Perpustakaan Desa, kami juga berharap dapat memberikan kontribusi bagi keberadaan perpustakaan desa untuk berkembang dan terus dapat ditingkatkan. Salah satu cara yang akan kami lakukan adalah dengan membangun Komunitas Perpustakaan Desa secara berkelanjutan. Dengan adanya Komunitas Perpustakaan Desa tersebut, harapan kami dapat dijadikan sebagai media berbagi antar Perpustakaan Desa, saling menyokong dan juga  saling memberi manfaat antar Perpustakaan Desa.

Sebagai langkah awal kami dalam membangun Komunitas Perpustakaan Desa di seluruh penjuru Nusantara, maka kami awali dengan mengadakan:

Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa Nasional dengan Tema:
“Dari Desa Membangun Bangsa”

A. SUB TEMA
  • Suka Duka Membangun dan Mengembangkan Perpustakaan Desa
Tuliskan kisah nyata Anda tentang proses membangun dan mengembangkan Perpustakaan Desa, seperti motivasi, rintangan/tantangan, program menarik, prestasi, dan respon masyarakat maupun Pemerintahan Desa.
  • Kisah Inspiratif Dan Menarik Di Perpustakaan Desa
Tuliskan kisah nyata inspiratif dan menarik yang Anda alami/temukan di Perpustakaan Desa. Misalnya, ada salah satu anggota perpustakaan Anda yang rutin berkunjung dan membaca buku, yang akhirnya berhasil menjadi Juara Lomba Baca Puisi tingkat Kecamatan.
  • Pengaruh Perpustakaan Desa Terhadap Kesuksesan Seseorang Atau Masyarakat
Tuliskan kisah nyata mengenai dampak positif yang dihasilkan oleh Perpustakaan Desa Anda terhadap perkembangan dan kemajuan seseorang atau masyarakat. Misalnya, dengan adanya Buku-Buku dan Program Pelatihan yang berkaitan dengan Ekonomi Kreatif di Perpustakaan Desa, masyarakat yang awalnya menjadi buruh di luar Kota berpindah menjadi pengusaha kerajinan di desanya sendiri.

B. KETENTUAN PESERTA
  • Peserta adalah delegasi dari perpustakaan desa baik individu atau kelompok
  • Bukti delegasi berupa surat delegasi dari Kepala Desa/Kepala Perpustakaan (format surat kami share di WAG “Pegiat Perpustakan Desa”)
  • Peserta wajib mengisi Formulir pendaftaran online (link formulir kami share di WAG “Pegiat Perpustakan Desa”)
  • Telah menjadi Follower akun IG:
  • Terdaftar sebagai anggota Grup WA “Pegiat Perpustakan Desa” melalui Kontak Info di bawah

C. KETENTUAN PENULISAN
  • Ditulis dalam bentuk Microsoft Word, Font Times New Roman, Ukuran 12
  • Karya ditulis dengan minimal 600 kata sampai dengan 1500 kata
  • 1 Peserta hanya diperkenankan mengirimkan 1 tulisan
  • Format penulisan naskah penulisan : Judul tulisan, nama penulis, isi tulisan, biodata penulis + foto terbaik
  • Menyertakan foto kondisi Perpustakaan Desa minimal 3 foto baik eksterior maupun interior
  • Karya dan Surat Delegasi dikirim ke alamat email: tirtabuanamedia@gmail.com , dengan Subjek: Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa + Nama Perpustakaan Desa
  • Batas pengiriman tanggal 17 Agustus 2020

D. PUBLIKASI TULISAN
  • Seluruh tulisan yang masuk akan diseleksi terlebih dahulu dan selanjutnya akan langsung diposting di http://perpustakaandesa.com
  • Profile perpustakaan desa yang telah ditulis di formulir pendaftaran akan kami edit dan akan langsung diposting juga di http://perpustakaandesa.com
  • Baik tulisan Kisah inpiratif maupun profile perpustakaan akan kami edit untuk dijadikan konten di akun Instagram kami di: @perpusdes.id

E. KRITERIA PENILAIAN UTAMA
  • Karya orisinal, dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun
  • Kesesuaian tema
  • Kerapian dan EBI
  • Pemilihan kata dan penyampaian cerita
  • Isi menarik, menggugah, dan menginspirasi serta mengandung persuasi, dengan tidak mendiskreditkan unsur SARA apa pun, pribadi atau institusi mana pun

F. KRITERIA PENILAIAN TAMBAHAN
  • Feedback terbanyak baik jumlah tayangan pembaca, komentar, like, maupun share tulisan ke berbagai sosial media. Lebih cepat mengirimkan tulisan maka kesempatan untuk mendapatkan poin nilai tambahan semakin besar.

G. HADIAH DAN PENGUMUMAN PEMENANG
  • Sepuluh (10) Pemenang terpilih masing-masing akan mendapatkan Paket Buku senilai Rp. 1.000.000, Kaos Komunitas, Buku Antologi, dan Sertifikat.
  • Tulisan Sepuluh (10) pemenang terpilih tersebut juga akan dibukukan dan diterbitkan dalam bentuk Antologi dan akan mendapatkan royalty dari penjualan buku.
  • Seluruh karya yang kami posting di http://perpustakaandesa.com dan di akun IG kami, akan mendapatkan diskon belanja paket buku Perpustakaan Desa sebesar 40% + Ongkir ke kota kabupaten masing-masing.
  • Pemenang akan diumumkan pada tanggal 21 Agustus 2020 melalui http://perpustakaandesa.com dan beberapa akun sosial media kami.

Kontak Info:
WA : 0878-2695-2623 
IG : @perpusdes.id
Web : perpustakaandesa.com







15 komentar untuk "Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa Total Hadiah Paket Buku Senilai 10 Juta Rupiah"

  1. dengan adanya lomba ini menjadikan pustakawan maupun pemustaka bersemangat untuk giat membangun perpustakaan di desa terlebih dalam masa pandemi Covid 19 sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, Kak. Semoga perpustakaan desa kita semakin maju untuk Masyarakat yang lebih baik dan cerdas!

      Hapus
  2. Lombanya berbayar atau enggak ya min?

    BalasHapus
  3. Saya memberikan apresiasi kepada para penyelenggara perlombaan penulisan tentang perpustakaan Desa. Perlombaan sangat produktif dan berdaya guna bagi anak-anak bangsa terlebih khusus dalam bidang literasi yang sering didengungkan selam ini. Salam sukses dan salam persaudaraan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kak. Semoga perpustakaan desa kita semakin maju. Amiin.

      Hapus
  4. Maksudnya WAG apa?
    Bagaimana cara mendaftarkannya

    BalasHapus
  5. Maksudnya WAG apa?
    Bagaimana cara mendaftarkannya

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum, WAG itu apa kak ?
    Dan bagaimana cara mendaftar nya ??

    BalasHapus
  7. Salam Literasi dari kami warga kuningan Jawa Barat

    BalasHapus
  8. salam semangat buat semua kawan-kawan aktivis pendidikan dan sosial..

    BalasHapus
  9. Mohon disharekan dong Min, formulir pendafatarannya

    BalasHapus