Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Membuat Perpustakaan Desa Menjadi Sukses dan Berkembang

Kiat Membuat Perpustakaan Desa Menjadi Sukses dan Berkembang
Gambar Hanya Sekedar Ilustrasi
Mengelola Perpustakaan Desa sebenarnya sangat mudah dan gampang, apabila kita tahu hal-hal yang harus dilakukan dalam rangka membuat Perpustakaan Desa menjadi maju dan berkembang. Memang perlu adanya saling dukung antara Pemerintah Desa dan pengelola Perpustakaan Desa. Karena tenaga dan pikiran saja tidak cukup, jika tidak ada asupan anggaran dari Desa.

Berikut kiat menjadikan Perpustakaan Desa sukses dan berkembang yang layak kita coba:

Perbanyak Judul Buku

Sebagai tempat baca bagi masyarakat, tentu buku yang disediakan sangat menentukan daya tarik pengunjungnya. Semakin banyak judul buku yang disediakan, semakin sering pula masyarakat berkunjung ke perpustakaan. Karena buku yang mereka baca tiada habisnya, dan bahkan terus disediakan buku-buku baru di setiap tahunnya. Maka dari itu, lebih baik memperbanyak variasi judul buku dari pada jumlah eksamplar buku setiap judulnya.

Buat Komunitas dengan Kegiatan yang Menarik

Komunitas atau perkumpulan sangat penting dalam sebuah desa. Karenanya perlu bagi perpustakaan desa membangun maupun menggaet komunitas yang sudah ada, agar aktif berkegiatan di Perpustakaan Desa. Tentu Perpustakaan Desa perlu menyediakan tempat yang layak dan juga kegiatan yang menarik bagi komunitas tersebut. Misalnya Karangtaruna mengadakan perkumpulan seminggu sekali di Perpustakaan Desa, ibu PKK dan lain sebagainya.

Sediakan Sambungan Internet/Wifi

Anak dan masyarakat di era teknologi ini akan sangat tertarik apabila dalam suatu tempat rekreasi (salah satu fungsi perpustakaan desa) menyediakan Wifi gratis. Gratis disini perlu diberikan syarat oleh pengelola Perpustakaan Desa, misalnya pengunjung baru bisa akses Wifi setelah selesai membaca buku minimal 5 halaman per 2 jam penggunaan jaringan.

Kerjasama dengan PKBM dan Badan Lainnya

Perpustakaan Desa bisa bekerjasama dengan pengurus PKBM (Program Kegiatan Belajar Masyarakat) agar kegiatan PKBM dilaksanaka di Perpustakaan Desa. Selain mudah mendapatkan referensi buku, tempatnya juga sentral dan fasilitas memadai.

Aktif mengikuti Lomba

Perpustakaan desa berprestasi tidak serta merta tiba-tiba tumbuh menjadi pemenang. Mereka melalui proses yang panjang. Misalnya, mereka selalu memperhatikan kriteria Standar Nasional Perpustakaan Desa, lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan kriteria penilaiannya, dan sebagainya. Sehingga mereka akan selalu berusaha memperbaiki diri untuk menang dan terus aktif mengikuti kontestasi lomba yang diselenggarakan.

Demikian penjelasan mengenai kiat mengembangkan Perpustakaan Desa agar sukses dan maju. Semoga semakin banyak Perpustakaan Desa yang tumbuh dan berkembang seiring semakin tumbuhnya kesadaran dari pemerintah desa dan masyarakat desa. Amiin.

2 komentar untuk "Kiat Membuat Perpustakaan Desa Menjadi Sukses dan Berkembang"

  1. Terimaksih sangat bermanfaat.
    Salam Literasi dari Taman Baca Pelangi Nusantara 😊

    BalasHapus