Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Belanja Buku Perpustakaan Desa

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Belanja Buku Perpustakaan Desa
Gambar Hanya Sekedar Ilustrasi
Akhir-akhir ini banyak sekali pemerintah desa yang mulai gencar belanja buku Perpustakaan Desa melalui dana desa. Hal tersebut seiring dengan adanya himbauan dari pemerintah pusat tentang pengadaan Perpustakaan Desa. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang buku hasil belanjanya terbengkalai karena tiada langkah yang jelas dalam membangun dan mengelola perpustakaan, serta porsi segmen buku yang tidak merata antara usia anak, remaja dan dewasa. 

Kami sebagai Distributor Buku yang sudah bergerak selama 11 tahun dalam membantu pengadaan buku Perpustakaan Desa, sangat memperhatikan betul porsi dan kesesuaian judul-judul buku yang akan disalurkan ke berbagai Perpustakaan Desa dengan melihat letak geografis dan kehidupan sosial budayanya. Agar nantinya buku tersebut benar-benar dibaca oleh masyarakat segala usia serta tidak terbengkalai dan sekedar memenuhi kewajiban belanja pemerintah desa semata.

Untuk ukuran Perpustakaan Desa yang ideal dan profesional, ada beberapa Standar Nasional Perpustakaan yang harus harus dipenuhi, termasuk jumlah koleksi buku. Namun disamping jumlah yang harus dipenuhi tersebut, mari kita juga memperhatikan lebih jauh cara belanja buku yang berkualitas.

Berikut hal penting yang perlu diperhatikan ketika kita belanja buku Perpustakaan Desa:

Bagi Segmen Buku Secara Proporsional Berdasarkan Usia Pembaca

Berdasarkan jumlah buku yang akan kita beli, kita perlu membaginya menjadi tiga segmen usia. Kalau kita misalkan di sebuah desa jumlah masyarakat usia anak 30%, remaja 30%, dan dewasa 40%, maka demikian pula ketika kita membagi segmen buku yang akan dibeli. Kalau kita belanja 1000 judul buku, maka kita minta kepada penjual untuk menyediakan buku anak 300 judul, remaja 300 judul, dan dewasa 400 judul.

Perbanyak Jenis dan Tema Buku

Ada ceritanya Perpustakaan Desa yang hanya belanja buku-buku pendidikan, Fiksi dan motivasi. Hal tersebut tidak salah, tetapi akan membuat pengunjung bosa. Karena koleksinya hanya itu itu saja dan tidak memenuhi minat masyarakat yang begitu kompleks. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya Perpustakaan Desa belanja buku dari berbagai jenis tema. Sebut saja misalnya buku Budidaya pertanian/perikanan, BUMDes, PKK, Kewirausahaan, karang taruna, teknik otomotif, Novel, Anak, dan sebagainya.

Dahulukan Jumlah Judul Dari Pada Jumlah Eksemplar

Lebih baik kita belanja banyak judul masing-masing 1 eks, dari pada sedikit judul masing-masing 5 eks. Karena selain menghemat biaya belanja dalam memenuhi berbagai jenis buku, juga akan memenuhi berbagai minat baca masyarakat. Sehingga di samping memenuhi Standar Nasional Perpustakaan, pengunjung juga tidak bosan berkunjung ke perpustakaan dengan banyaknya pilihan judul buku.

Sediakan Buku Baru Dengan Tema yang Mutakhir

Sebagaimana kita tahu bahwa setiap barang akan kita butuhkan jika sesuai dengan perkembangan zaman. Sama seperti halnya HP yang terus baru dari tahun ke tahun, demikian pula dengan buku. Sehingga masyarakat akan lebih tertarik membaca apabila buku yang disediakan Perpustakaan Desa cukup baru dan menarik rasa ingin tahu mereka.

Abaikan Tawaran Harga Murah Dengan Promo Berlebihan

Pada umumnya, promo buku selalu muncul ketika buku tersebut terbitan lama dan sudah jarang laku di pasaran. Sehingga sangat tidak baik bagi Perpustakaan Desa apabila tergiur dengan promo harga murah. Selain buku-bukunya sudah terbitan lama, kualitasnya juga perlu diperhatikan. Maka dari itu, belanjalah buku yang berkualitas dan tidak murahan.

Demikian penjelasan mengenai hal penting yang perlu kita perhatikan ketika berbelanja buku Perpustakaan Desa. Semoga semakin banyak tumbuh Perpustakaan Desa dengan koleksi yang berkualitas dan ideal. Amiin.

Posting Komentar untuk "Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Belanja Buku Perpustakaan Desa"