Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fasilitas Penting yang Paling Menarik Pengunjung Perpustakaan Desa

Fasilitas Penting yang Paling Menarik Pengunjung Perpustakaan Desa
Gambar Hanya Sekedar Ilustrasi
Semua orang tahu bahwa fasilitas pada suatu tempat merupakan hal utama yang diperhatikan oleh pengunjung. Sebut saja misalnya sebuah sekolah yang dilengkapi dengan kantin, toilet, kursi kelas yang nyaman, dan lain-lain. Maka sekolah tersebut akan lebih banyak diminati dari pada sekolah yang fasilitasnya kurang. Demikian pula dengan Perpustakaan Desa, apabila ingin menarik dan ramai dikunjungi banyak orang.

Berikut adalah fasilitas penting yang perlu ada di Perpustakaan Desa:

Buku Bacaan Untuk Segala Kalangan dan Usia 

Perpustakaan Desa yang memiliki buku bacaan yang lengkap, mulai dari buku anak, buku remaja hingga dewasa, serta tema-temanya sesuai dengan kebutuhan pengunjung akan sangat membantu dalam menarik banyak orang untuk datang. Apalagi buku bacaan yang disediakan berjumlah banyak, atau sesuai dengan standar nasional Perpustakaan Desa. Sehingga setiap pengunjung memiliki kesempatan untuk membaca atau meminjam buku yang mereka inginkan.

Rak, Tempat Membaca dan Tempat Bermain

Pengunjung akan senang apabila tersedia tempat bagi mereka untuk membaca di Perpustakaan Desa. Sehingga perlu adanya tempat yang nyaman untuk membaca di perpustakan desa, semisal Bangku, Meja-Kursi, tempat duduk ayunan bagi anak-anak, halaman ramah anak, dan sebagainya.

Toilet Umum

Walau sepele, Toilet menjadi hal penting yang dibutuhkan oleh pengunjung Perpustakaan Desa. Karena ketika mereka memilih berlama-lama bermain dan membaca di perpustakaan, dalam suatu waktu mereka kadang merasa ingin buang air kecil atau air besar. Sehingga toilet umum juga berperan dalam membuat kerasan berada di perpustakaan bagi para pengunjungnya.

Komputer Dan Sambungan Wifi 

Di desa-desa pada umumnya, Komputer dan Wifi gratis menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk berkunjung pada tempat yang menyediakannya. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya Perpustakaan Desa menyediakan komputer dan Wifi gratis untuk para pengunjung agar banyak orang tertarik untuk selalu berkunjung ke perpustakaan tersebut. Tentu saja dengan aturan-aturan tertentu, semisal, pengunjung mendapat akses wifi gratis dengan syarat membaca minimal 3 lembar buku. Sehingga mereka datang ke perpustakaan tidak sekadar main-main demi wifi gratis.

Ruang Pertemuan atau Aula

Tempat ini sebenarnya merupakan bagian dari pengembangan Perpustakaan Desa, yang berfungsi sebagai tempat pertemuan atau perkumpulan warga, karang taruna, dan even Perpustakaan Desa. Sehingga akan mudah bagi Perpustakaan Desa dalam menyelenggarakan acara atau pelatihan-pelatihan bagi warga masyarakat apabila tersedia Aula atau Ruang Pertemuan yang cukup luas. 

Lalu, bagaimana agar fasilitas di atas dapat dipenuhi?

Kelihatannya memang mahal dan dirasa tidak mungkin terpenuhi. Namun pemerintah desa dan pengelola perpustakaan dapat menyiasatinya dengan cara menyicil atau bertahap. 
  • Tahun pertama dianggarkan untuk belanja buku terlebih dahulu sesuai standar koleksi Perpustakaan Desa. 
  • Di tahun kedua, dianggarkan untuk belanja pembangunan gedung, berikut fasilitas utama seperti meja, kursi, rak buku, dan toilet umum. 
  • Di tahun ketiga, baru dianggarkan fasilitas pengembangan seperti Komputer, wifi, tempat bermain bagi anak-anak, Aula atau Ruang Pertemuan, dan sebagainya.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai fasilitas yang perlu tersedia di Perpustakaan Desa. Semoga semakin banyak desa yang tergerak untuk membangun Perpustakaan Desa, menyediakan fasilitas yang memadai, sehingga banyak warga masyarakat yang tertarik dan berkunjung secara rutin dan terus menerus. Amiin.

Posting Komentar untuk "Fasilitas Penting yang Paling Menarik Pengunjung Perpustakaan Desa"