Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Agar Perpustakaan Desa Ramai Pengunjung

Cara Sederhana Agar Perpustakaan Desa Ramai Pengunjung

Banyak keluhan dari para pengelola Perpustakaan Desa terutama bahwa Perpustakaan Desa yang mereka Kelola sepi pengunjung dan kurang diminati oleh masyarakat. Berikut adalah Cara Sederhana Agar Perpustakaan Desa Ramai Pengunjung

Koleksi buku yang menarik dan sesuai dengan minat masyarakat

Sediakan buku-buku yang bagus dan menarik, bukan sekadar buku-buku bekas atau buku terbitan lama

Selalu sediakan buku-buku baru setiap tahunnya, agar pengunjung tidak merasa bosan dengan koleksi yang itu-itu saja

Sediakan buku dengan tema yang sesuai dengan minat masyarakat desa. Misalnya buku anak-anak, remaja, dan budidaya atau keterampilan ekonomi kreatif masyarakat.

Permudah aturan dan persyaratan Anggota

Jangan terlalu rumit dengan Administrasi anggota. Terutama dalam hal Absensi Pengunjung dan Peminjaman buku. Hal ini dapat dipermudah melalui Aplikasi sirkulasi perpustakaan yang sudah banyak disediakan di berbagai Platform penyedia aplikasi Digital.

Pilihlah pustakawan yang bersahabat, ramah dan komunikatif dalam melayani pengunjung

Pilihlah penjaga harian Perpustakaan dari orang yang bersahabat dan ramah terhadap pengunjung, sehingga pengunjung tidak bosan-bosan mengunjungi perpustakaan dan berkegiatan di dalamnya.

Maksimalkan pemasaran atau sosialisasi yang menarik kepada masyarakat desa

Buatlah kegiatan-kegiatan menarik dan kreatif dalam rangka mencuri perhatian masyarakat untuk selalu berkunjung ke perpustakaan desa. Misalnya; buatlah kegiatan tahunan yang berisi lomba-lomba dan penghargaan bagi Pengunjung Terbaik dalam rangka ulang tahun Perpustakaan Desa, update dan follow up kegiatan pengembangan masyarakat desa, dan lain sebagainya.

Posting Komentar untuk "Cara Sederhana Agar Perpustakaan Desa Ramai Pengunjung"