Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Membuat Perpustakaan Desa Menarik Bagi Masyarakat

4 Langkah Membuat Perpustakaan Desa Menarik Bagi Masyarakat
Gambar Hanya Sekedar Ilustrasi
Masyarakat seringkali tidak tertarik kepada lembaga atau bangunan dengan fasilitas yang pas-pasan atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Apalagi Perpustakaan Desa yang tidak memiliki kegiatan untuk masyarakat banyak, seperti kegiatan pelatihan atau penyuluhan dan sebagainya. Apalagi pada umumnya masyarakat masih menganggap perpustakaan hanya untuk kalangan anak-anak dan remaja saja. Sehingga diperlukan inisiatif yang lebih dari para pengelola Perpustakaan Desa untuk menjemput bola, bukan asal membangun Perpustakaan Desa yang selanjutnya hanya menunggu dan bahkan menyalahkan ketidaksukaan masyarakat. 

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menarik masyarakat agar berkunjung ke Perpustakaan Desa:

Sediakan Ruangan Yang Sedikit Luas Dan Terbuka 

Ruangan yang sedikit luas dan terbuka setidaknya memiliki dua fungsi yang menguntungkan, sebagai berikut:
  • Pertama, kegiatan membaca dan berkumpul bersama akan mudah terlihat oleh orang lain yang lewat lalu-lalang di Perpustakaan Desa. Sehingga mereka yang belum pernah berkunjung akan tertarik dan memiliki keinginan untuk ikut serta berkumpul dan membaca bersama-sama. 
  • Kedua, ruang yang luas dan terbuka akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Apalagi pengunjung yang ada berjumlah banyak, sehingga mereka tidak merasa pengap dan sesak, serta angin sejuk mudah masuk dan dihirup dengan suasana tenang.

Sediakan Buku yang Bermacam Jenis Untuk Semua Kalangan dan Usia

Koleksi buku yang lengkap akan sangat menarik dan membantu kebutuhan membaca para pengunjung Perpustakaan Desa. 

Buatlah Kegiatan yang Menarik

Kegiatan untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa akan sangat berperan dalam menarik para pengunjung agar rajin berkunjung ke perpustakaan. Misalnya kegiatan mendongeng dan menggambar bersama untuk anak-anak, kegiatan kekarangtarunaan bagi remaja, dan pelatihan ekonomi kreatif bagi orang dewasa.

Galakkan Sosialisasi Kepada Masyarakat

Masyarakat desa sangat perlu diberi pengumuman mengenai adanya Perpustakaan Desa, berikut program di dalamnya. Sehingga dengan program kegiatan yang menarik yang disosialisasikan kepada masyarakat, mereka akan tertarik untuk berkunjung dan ikut serta kegiatan Perpustakaan Desa yang sesuai dengan segmen mereka. Pengumuman ini bisa dikemas dengan acara ulang tahunan Perpustakaan Desa, maupun sosialisasi langsung di perkumpulan-perkumpulan warga.

Demikian penjelasan mengenai langkah membuat Perpustakaan Desa menjadi menarik bagi masyarakat untuk berkunjung. Semoga semakin banyak pengelola Perpustakaan Desa yang kreatif dalam mengembangkan perpustakaan mereka, sehingga manfaatnya dirasakan secara langsung bagi masyarakat. Amiin……….

Posting Komentar untuk "4 Langkah Membuat Perpustakaan Desa Menarik Bagi Masyarakat"