Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Tahun Membangun Perpustakaan Desa Ideal Menggunakan Dana Desa

2 Tahun Membangun Perpustakaan Desa Ideal Menggunakan Dana Desa

Asal ada kemauan, pasti ada jalan, begitu juga dengan membangun perpustakaan desa. Terlebih saat ini pemerintah pusat dan daerah mempersilakan Dana Desa diperuntukkan Perpustakaan Desa. Hanya dengan waktu 2 tahun, perpustakaan desa sudah dapat berdiri dan memiliki Gedung secara mandiri. Berikut adalah contoh tahapannya :

Tahun Pertama 

  • Bila Desa menganggarkan setidaknya 50 Juta dari Dana Desa (tidak sampai 10% total dana desa yang diterima tiap desa per tahun), sudah cukup untuk membeli sebanyak 1000 judul buku.
  • Tempat sementara dapat memanfaatkan ruang kosong yang ada di kantor desa, Sekolah, atau di rumah warga.
  • Rak buku dapat diadakan dengan gotong royong masyarakat, memanfaatkan kayu-kayu dan alat pertukangan sederhana yang dimiliki masyarakat untuk pajangan buku-buku yang telah dibeli. Untuk menampung 1000 buku tersebut hanya dibutuhkan kisaran 2 rak buku masing-masing ukurang 2 x 3 meter dengan 5 shaf rak.

Tahun Kedua

  • Untuk membangun gedung Perpustakaan Desa, Desa dapat membangun Gedung perpustakaan multifungsi, misalkan selain digunakan untuk penyimpanan buku dan arsip desa, Gedung itu juga bisa digunakan sebagai tempat pertemuan dan rapat, balai pelatihan atau sejenisnya. Gedung Perpustakaan juga dapat digabung dengan gedung Pusat Ekonomi Kreatif Masyarakat atau Gedung Kantor BUMDes.
  • Desa dapat menganggarkan kisaran 100 juta sd 200 juta untuk kebutuhan fisik ini. Demi memaksimalkan anggaran, sangat tepat jika proses pembangunannya dilakukan dengan cara gotong royong warga desa. Maka perlu pihak desa untuk menyusun RAB Pembangunan Gedung Perpustakaan Desa sebelum melakukan proses pembangunan.
  • Desa dapat menyisihkan anggaran kisaran 10 juta, 15 juta atau 20 juta untuk penambahan koleksi buku perpustakaan agar ada perbaruan buku yang dimiliki oleh perpustakaan. Dengan Anggaran tersebut jumlah buku yang akan didapat kisaran 230 eksemplar untuk Anggaran 10 juta, 330 eksemplar untuk anggaran 15 juta dan 430 eksemplar untuk anggaran 20 juta. 


Posting Komentar untuk "2 Tahun Membangun Perpustakaan Desa Ideal Menggunakan Dana Desa"