Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Tanaman Rami

Budidaya Tanaman Rami
Budidaya Tanaman Rami
Petani Indonesia umumnya menanam tanaman yang bisa dikonsumsi. Sebut saja padi, jagung, sayur-sayuran, buah-buahan, dan semacamnya. Namun sayang, petani kita kalah dengan negara lain, baik dari segi teknologi maupun produktivitasnya. Akibatnya, pemerintah banyak melakukan impor bahan pangan untuk menutupi kekurangan pasokan dalam negeri. Jika Anda berminat usaha pertanian non pangan, Anda bisa melirik tanaman rami. 

Budidaya tanaman rami (Boehmerianivea) yang dikenal pula dengan nama "haramay" ini, bila dilakukan dalam skala besar dan intensif, ternyata bernilai ekonomi yang cukup tinggi. Sebab, kini industri-industri yang memanfaatkan serat alam sudah jauh lebih berkembang dibandingkan pada tahun 1970-an, seperti industri tekstil, permadani, wallpaper, jala ikan, kain layar, bahan fiber, benang pintal dan sebagainya. 

Dari kebutuhan pasar dunia sebanyak 350.000 ton serat rami setiap tahun, selama ini hanya terpenuhi sebanyak 150.000 ton/tahun atau masih terdapat peluang pasar sebanyak 200.000 ton serat rami/tahun. Itu artinya peluang bisnis budidaya rami masih sangat terbuka lebar. Jadi, jangan tunggu lama-lama.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: Budidaya Tanaman Rami
PENULIS: Sudjatmiko
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-1674-02-2
TAHUN: 2018 UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 168


Posting Komentar untuk "Budidaya Tanaman Rami "