Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya

Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya
Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya
Ibarat seperti jamur yang tumbuh di musim penghujan, masjid tumbuh begitu pesatnya di Indonesia. Dalam rentang waktu 20 tahun angka pertumbuhan masjid di indonesia sebesar 63%. Saat ini jumlah keseluruhan masjid yang ada di indonesia sebanyak 290 ribu bangunan. Jumlah tersebut, masih belum ditambahkan lagi dengan lebih dari 500 surau dan ratusan sejenis surau. Jadi, setiap 250 umat Muslim di indonesia memiliki satu rumah ibadah. Selain itu keberadaan masjid juga berkembang hingga ke pabrik-pabrik, perkantoran-perkantoran dan juga sekolah-sekolah. 

Di sekolah, masjid dapat tumbuh dengan begitu pesatnya didukung dengan terbit dan diberlakukannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Pada peraturan tersebut, sekolah di semua jenjang diwajibkan memiIiki tempat ibadah, seperti masjid. Sebagai umat Islam tentu pesatnya pertumbuhan masjid tersebut menjadi prestasi yang membanggakan. Namun sungguh sayang, keberadaan masjid-masjid di masyarakat, perkantoran, pabrik-pabrik dan khususnya di sekolah-sekolah kebanyakan hanya difungsikan sebagai tempat ibadah. 

Sangat jarang masjid yang difungsikan sebagaimana meskinya, yaitu sebagai tempat kegiatan pembentukan karakter umat manusia seperti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad Saw. Buku ini menjadi guideline bagi para pembaca yang sedang berupaya menjadikan masjid sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya
PENULIS: Dr H M Najib, M.Hum, Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I, Solichin,S.Pd.,M.Pd
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-7869-90-5
TAHUN: 2015
UKURAN: 14 x 21 cm
HALAMAN: viii + 160

Posting Komentar untuk "Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya"