Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah

Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah
Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah
Pembelajaran literasi merupakan tahap puncak setelah tahap pembiasaan dan pengembangan dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Ketentuannya pembelajaran literasi harus diintegrasikan pada setiap mata pelajaran. Meskipun bukan hal yang asing dilakukan, namun integrasi literasi tetap saja dirasa tidak mudah, termasuk dalam pembelajaran sejarah. Padahal pembelajaran sejarah sejatinya bagaikan kawah literasi: membaca dan menulis, menyimak dan berbicara. Hadirnya buku ini menjawab berbagai kegelisahan seputar penerapan-pembelajaran literasi. 

Para pembaca diajak untuk mengenal dan mampu menyajikan pembelajaran sejarah yang memanfaatkan literasi secara efektif. Niscaya pembelajaran literasi akan menjadi gerbang masuk menuju pembelajaran abad 21 yang mengintegrasikan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation), serta mendukung Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan pengembangan HOTS (Higher Order Thinking Skill). 

Dalam buku ini tersaji pokok-pokok teori dan tuntunan praktis bagi para mahasiswa calon sarjana pendidikan, calon guru profesional yang tengah menempuh program Pendidikan Profesi Guru (PPG), maupun guru dalam menyajikan pembelajaran sejarah yang berbasis literasi. Mulai dari menentukan strategi literasi, memilih model dan metode, sumber dan media, menyusun instrumen penilaian, hingga mengembangkan rencana pembelajaran. Maka buku ini juga memuat langkah-langkah praktis penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis literasi beserta contohnya.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah
PENULIS: Hendra Hurniawan, M.Pd.
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-5568-42-8
TAHUN: 2018
UKURAN: 16 X 23 cm
HALAMAN: xiv + 212

Posting Komentar untuk "Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah"