Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan Edisi ke 2

Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan Edisi ke 2
Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan Edisi ke 2
Buku ini merupakan ekspresi pemikiran sporadis yang dapat memberikan inspirasi tumbuhnya kemitraan untuk pemberdayaan baik pada tataran lokal maupun nasional. Pemikiran inovatif tentang bagaimana melakukan pendekatan pemberdayaan masyarakat dikaji dari beberapa perspektif. 

Pertama tentang pentahapan pemberdayaan yang mencakup knowledge, attitude and practice, yang dijelaskan meialui indikator psikologis dan pendidikan yaitu meliputi aspek: afektif, kognitif, psikomotorik dan konatif. Kedua untuk melakukan pemberdayaan yang efektif hendaknya disertai dengan model membargun kapital yang tepat dengan memperhitungkan stratifikasi sosial. Model stratifikasi sosial feodal, transisional dan egaliter dapat menentukan proses aliran dana, dan pengorganisasian kelompok pemberdayaan, dengan tekanan kekuasaan yang berbeda atau merata antar kelompok. 

Ketiga peran agen pembaharu dalam pemberdayaan sangat penting. Untuk mengoptimalkan peran dan kontribusi mereka diperlukan pemberdayaan agen pembaharu. Konsep yang ditawarkan datam pendekatan agen pembaharu ini adalah "CIPOO" (context, input, process, output dan outcome), yang dikaji dengan tahapan-tahapan rasional dan komprehensif. Keempat model-model kemitraan untuk pemberdayaan dengan analogy sebuah kehidupan organisme yang menarik. Kelima mengulas secara mendalam model-model pemberdayaan dengan mengemukakan data empiris tentang program-program pengentasan kemiskinan yang bernuansa pemberdayaan. Dan ulasan disajikan secara kronologis dengan perspektif kemitraan secara mendasar.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan Edisi ke 2
PENULIS: Ambar TS
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-6948-49-6
TAHUN: 2017
UKURAN: 16 x 23 cm
HALAMAN: xvi + 216

Posting Komentar untuk "Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan Edisi ke 2 "