Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah

Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah
Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah
Pendidikan Karakter adalah sebagai suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik agar mampu melakukan proses internalisasi, menghayati nilai-nilai karakter yang baik menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat. 

Nilai-nilai yang bisa digali dalam pengertian karakter dalam proses pembelajaran di sekolah adalah: Religius, Jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas pengembangan nilai karakter dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan terintegrasi dalam semua mata pelajaran (embeded approach). 

Dalam lingkungan satuan pendidikan dikondisikan agar lingkungan fisik dan sosial-kultural satuan pendidikan memungkinkan para peserta didik bersama dengan warga satuan pendidikan lainnya terbiasa membangun kegiatan keseharian di satuan pendidikan yang mencerminkan perwujudan nilai karakter. Pembentukan karakter tidak dapat dilepaskan dari life skill. Life skill sangat berkaitan dengan kemahiran mempraktekkan/berlatih kemampuan, fasilitas, dan kebijaksanaan. 

Proses pengembangan keterampilan dimulai dari sesuatu yang tidak disadari (unconscious) dan tidak kompeten (incompetent), kemudian menjadi disadari tetapi tidak kompeten, dan akhirnya menjadi sesuatu yang disadari (conscious) dan kompeten (competent). Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penerapan nilai-nilai moral pada peserta didik melalui ilmu pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan implementasi nilai-nilai tersebut, baik terhadap diri sendiri, sesama, lingkungan, bangsa dan negara maupun Tuhan Yang Maha Esa, kebangsaan sehingga menjadi manusia yang memiliki nilai nilai karakter yang mulia.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah
PENULIS: Drs. Daryanto & Suryatri Darmiatun, S.Si., MT
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-7869-25-7
TAHUN: 2013
UKURAN: 16 x 23 cm
HALAMAN: viii + 204

Posting Komentar untuk "Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah"