Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wujudkan Generasi Gemar Baca dengan Perpustakaan Desa

Perpustakaan desa merupakan salah satu program dalam meningkatkan minat baca masyarakat desa. Membaca dikatakan sebagai jendela dunia, serta ada banyak hal yang akan kita ketahui dengan membaca. Di jaman yang serba modern seperti sekarang, rupanya buku sudah tergantikan dengan kehadiran smartphone yang serba ada.


Perpustakaan desa merupakan hal unik dan menarik bagi masyarakat.  Ini menjadi sebuah usulan dari masyarakat di berbagai desa di Indonesia. Permintaan masyarakat kemudian direalisasikan oleh pemerintah setempat. Pembangunan gedung dilakukan secara bertahap. Buku-buku yang disediakan juga diadakan secara bertahap.

Kegiatan yang Dilakukan Oleh Perpustakaan Desa

Wujudkan Generasi Gemar Baca dengan Perpustakaan Desa

Adanya perpustakaan di berbagai desa memberikan manfaat tersendiri bagi masyarakat. Berbagai kegiatan dilakukan di perpustakaan desa. Berikut beberapa kegiatan yang dilakukan di perpustakaan desa.

1. Layanan penyediaan buku kepada masyarakat
Kegiatan utama yang dilakukan oleh program perpustakaan desa adalah memberikan layanan penyediaan buku bagi masyarakat. Pemberian bantuan buku kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan kesan yang menarik. Masyarakat di desa menjadi tertarik untuk melakukan kegiatan membaca untuk meningkatkan pengetahuannya.

2. Mengadakan koleksi buku
Agar kebutuhan buku yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa dipenuhi, maka masyarakat pun mengadakan koleksi pengadaan buku. Buku yang diadakan didapatkan dari berbagai sumber. Dengan demikian, koleksi buku akan menjadi lebih lengkap. Jadi, perpustakaan akan menjadi lebih hidup.

3. Penerimaan buku dan pemajangan buku
Kegiatan sehari-hari lain yang dilakukan di perpustakaan desa adalah melakukan penerimaan buku dan melakukan display di rak. Penerimaan buku dilakukan oleh petugas. Display buku dilakukan dengan sebaik-baiknya, agar buku bisa ditemukan dengan lebih mudah.

Semua layanan dan kegiatan yang dilakukan di perpustakaan desa dilakukan sesuai program. Adanya perpustakaan desa rupanya memberikan manfaat yang sangat banyak kepada masyarakat.

Manfaat Perpustakaan Desa Bagi Masyarakat

Bentuk manfaat yang diberikan oleh perpustakaan desa kepada masyarakat rupanya sangat beragam. Berbagai bidang bisa dijangkau sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat adalah sebagai berikut.

1. Memberikan ketrampilan kepada masyarakat
Perpustakaan desa bukan semata-mata dibangun sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam buku untuk dipajang di perpustakaan. Namun, terdapat banyak kegiatan pelatihan yang dilakukan. Kegiatan pelatihan dilakukan untuk memberikan ketrampilan pada masyarakat setempat. Dengan demikian, ini bisa meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat.

2. Masyarakat menjadi lebih cinta akan lingkungan
Peminjaman buku yang dilakukan di perpustakaan desa tidak dilakukan dengan menggunakan uang. Namun, ada program lain yang lebih menarik. Peminjaman buku dilakukan tidak menggunakan uang, namun menggunakan sampah. Masyarakat harus menggunakan sampah plastik untuk membayar buku yang dipinjam. Akhirnya, ini memberikan dampak lingkungan yang lestari dan indah.

Manfaat Perpustakaan Desa Bagi Masyarakat

3. Pemberdayaan ketrampilan masyarakat
Manfaat terakhir yang diberikan oleh program perpustakaan desa adalah memberikan pemberdayaan ketrampilan kepada masyarakat. Sampah plastik yang terkumpul dari program peminjaman buku bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan.  Masyarakat bisa mengkreasikan sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang memberikan nilai guna yang lebih tinggi.

4. Fasilitas pendidikan non formal gratis
Perpustakaan desa juga menjadi sebuah program yang memberikan fasilitas pendidikan non formal secara gratis kepada masyarakat umum. Intinya, potensi Sumber Daya Masyarakat yang ada di sekitar akan menjadi lebih diberdayakan. Jadi, masyarakat akan menjadi lebih mandiri melalu berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan.

Demikianlah beberapa hal berkaitan dengan kegiatan perpustakaan desa untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang gemar membaca. Tidak hanya itu, masyarakat akan menjadi lebih pintar dalam mengkreasikan berbagai macam benda. Taraf kehidupan masyarakat akan menjadi semakin baik.

Posting Komentar untuk "Wujudkan Generasi Gemar Baca dengan Perpustakaan Desa"