Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Standar Nasional Perpustakaan Desa Yang Harus Diperhatikan

Perpustakaan banyak sekali macamnya, mulai dari perpustakaan sekolah, perpustakaan perusahaan, perpustakaan pemerintah hingga perpustakaan desa. Berbicara mengenai perpustakaan, berarti erat kaitannya dengan koleksi buku, arsip serta dokumen penting lainnya yang mendukung penelitian ilmiah.

Standar Nasional Perpustakaan Desa Yang Harus Diperhatikan

Bagi Anda yang kini sedang merencanakan suatu penelitian maka Anda tidak akan lepas dari perpustakaan. Karena tempat satu merupakan salah satu tempat yang bisa menyediakan referensi penting untuk bahan penelitian Anda. Sehingga perpustakaan memiliki peranan sangat penting.
Perpustakaan tidak hanya ditujukan bagi mereka yang mengerjakan penelitian saja, akan tetapi juga masyarakat umum. Seperti perpustakaan desa yang berorientasi pada pelayanan masyarakat desa atau kelurahan. Jika dilihat dari segi sosiologis, perpustakaan desa merupakan institusi sosial yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama ditempat tertentu.

Standar Pengelolaan Perpustakaan Desa

Pengelolaan perpustakaan desa merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan visi dan misinya. Selain itu juga perlu dilakukan agar keberadaannya mampu diterima masyarakat. Terdapat tiga faktor terpenting dalam pengelolaan tersebut yaitu sebagai berikut:

Faktor tempat
Tempat berkaitan erat dengan akses atau cara untuk mencapai ke lokasi perpustakaan tersebut. Jauh dan tidaknya sebuah perpustakaan akan berpengaruh langsung pada rasa malas atau tidaknya masyarakat untuk mengunjungi tempat tersebut. Sangat disarankan untuk penempatan perpustakaan desa yaitu berada ditempat yang strategis.
Seperti dirumah kepala desa, ataupun tempat lainnya. Akan lebih baik jika gedung perpustakaan desa dibangun secara khusus sehingga para warga mudah untuk mengunjunginya kapanpun mereka mau tanpa harus terhalang jarak dan waktu.

Standar Pengelolaan Perpustakaan Desa

Faktor koleksi dan pengelola
Perpustakaan merupakan tempat untuk menyimpan berbagai koleksi pustaka. Oleh sebab itu hendaknya disediakan koleksi bahan bacaan yang lengkap. Apabila bahan bacaan lengkap maka masyarakat akan semakin berminat untuk mengunjungi perpustakaan tersebut. Seperti Koran, majalah, buku cerita, novel, komik dan koleksi lainnya.

Selain koleksi buku, perpustakaan desa juga perlu menyediakan fasilitas lain. Karena saat ini kebutuhan masyarakat tidak hanya pada buku saja melainkan juga dari akses lain seperti internet dan televisi. Diharapkan dengan fasilitas serta koleksi yang lengkap minat masyarakat akan semakin meningkat.

Faktor kegiatan perpustakaan
Kegiatan perpustakaan merupakan salah satu penentu efektif atau tidaknya keberadaan perpustakaan tersebut. Banyak warga masyarakat yang menolak ataupun merasa malas untuk datang ke perpustakaan karena tidak bahan bacaan yang memiliki keterkaitan erat dengan kehidupan nyata. Oleh sebab itu perpustakaan desa harus menyediakan buku-buku yang bersifat keaksaraan fungsional.
Yaitu menyediakan buku yang ada hubungannya dengan mata pencaharian masyarakat ataupun aktifitas kehidupan lain yang ada dimasyarakat. Selain itu, juga bisa mengadakan kegiatan lain yang lebih menarik dan bermanfaat seperti seminar atau workshop yang membahas suatu hal kompleks yang tengah booming dimasyarakat itu sendiri.

Standar Koleksi Perpustakaan Desa

Terdapat standar koleksi yang wajib ada pada perpustakaan desa yaitu meliput berbagai ilmu disiplin yang sesuai dengan kebutuhan masyakat. Buku-buku tersebut setidaknya harus ada 1000 judul buku untuk remaja ataupun dewasa. Untuk jenis lainnya akan melengkapi koleksi perpustakaan tersebut seperti 50 judul buku untuk anak-anak dan 50 judul buku untuk remaja atau dewasa.

Standar Koleksi Perpustakaan Desa

Setiap perpustakaan desa juga harus menyediakan setidaknya 1 surat kabar, 1 majalah, 1 koleksi audio dengan ketentuan usia koleksi yaitu minimal 10 persen dari total koleksi yang ada merupakan koleksi 5 tahun terakhir. Standar tersebut hendaknya dilakukan secara berkesinambungan, sehingga perpustakaan desa mampu bertahan lama.

Selain itu, jika perpustakaan tersebut memenuhi standar pengelolaan dan standar koleksi, maka akan respon dan minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan akan semakin meningkat. Sehingga perpustakaan selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Posting Komentar untuk "Standar Nasional Perpustakaan Desa Yang Harus Diperhatikan"