Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Penting Inovasi Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Minat Baca

Tahukah Anda bahwa melakukan inovasi perpustakaan adalah satu hal yang harus dilakukan oleh pihak perpustakaan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan inovasi terhadap perpustakaan diyakini juga akan meningkatkan minat kunjungan dan minat baca masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca adalah salah satu hal yang membosankan, dibandingkan menonton tv atau bermain game.

Peran Penting Inovasi Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Minat Baca

Melihat minat baca dari masyarakat Indonesia yang kian menurun tentunya bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja. Bagaimanapun sebagai petugas perpustakaan mengusahakan desa mengusahakan meningkatkan minat baca masyarakat tentu hal yang seharusnya dilakukan. Untuk mewujudkan hal tersebut ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan melakukan inovasi perpustakaan.

Pengaruh Inovasi Terhadap Minat Baca Masyarakat

Inovasi perpustakaan memiliki pengaruh yang besar terhadap minat baca masyarakat. Jika perpustakaan desa tidak melakukan inovasi apapun maka perpustakaan hanya akan terlihat sebagai satu tempat yang sangat membosankan bagi masyarakat desa sekitar. Apalagi minat baca masyarakat desa memang terbilang sangat rendah. Semakin rendah minat baca semakin rendah pula pengunjung perpustakaan.

Melihat peran penting inovasi perpustakaan terhadap peningkatan minat baca masyarakat maka untuk kedepannya diharapkan pihak petugas perpustakaan mampu melakukan inovasi yang cerdas untuk perpustakaan desa. Dengan adanya inovasi ini maka diyakini pelan-pelan masyarakat akan mulai tertarik untuk berkunjung dan mulai membaca di perpustakaan.

Pengaruh Inovasi Terhadap Minat Baca Masyarakat

Ada banyak inovasi yang bisa dicoba diterapkan oleh pihak pengelola perpustakaan desa. Inovasi tersebut juga tidak harus merupakan inovasi yang memakan biaya besar. Hal-hal sederhana seperti meningkatkan pelayanan, dan menyediakan tempat membaca yang nyaman juga diyakini bisa meningkatkan minat baca masyarakat.

Inovasi Yang Bisa Dilakuan Untuk Meningkatkan Minat Baca 

Berikut ini adalah beberapa inovasi yang bisa dicoba oleh pihak pengelola perpustakaan desa untuk meningkatkan minat baca masyarakat :

1. Sediakan Koleksi Buku Yang  Menarik Dan lengkap
Kelengkapan koleksi buku adalah satu hal penting yang tidak bisa diabaikan oleh pihak perpustakaan. Selain buku yang lengkap, buku-buku yang menarik juga harus dipastikan tersedia di perpustakaan desa. Mulai dari buku untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dengan demikian semua orang bisa membaca buku sesuai minat dan usia.

2. Tempat Yang Nyaman
Kenyamanan pembaca adalah salah satu hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan oleh petugas perpustakaan. Anda tentu tahu bahwa semakin nyaman seseorang maka akan semakin betah pula orang tersebut. Maka dari itu buat desain interior perpustakaan desa semenarik mungkin sehingga memungkinkan para pengunjung merasa nyaman membaca buku di perpustakaan.

3. Adanya Fasilitas Kantin
Bagi orang-orang yang suka membaca tidak jarang merasa betah untuk menghabiskan waktu berjam-jam membaca buku. Akan tetapi dalam satu waktu tertentu terkadang mereka justru terganggu dengan rasa lapar ditengah kegiatan membaca tersebut. Maka dari itu untuk membuat pembaca merasa tetap nyaman fasilitas kantin rasanya akan jadi inovasi bagus.

4. Adanya Fasilitas Wifi Gratis
Salah satu inovasi yang diyakini efektif untuk meningkatkan pengunjung perpustakaan desa adalah adanya layanan wifi gratis. Akan tetapi dalam penyediaan fasilitas yang satu ini Anda sebagai petugas perpustakaan harus tegas dan menerapkan peraturan bahwa wifi tidak boleh digunakan untuk kepentingan bermain game, menonton film, atau kegiatan tidak penting lainnya.

Inovasi Yang Bisa Dilakuan Untuk Meningkatkan Minat Baca

Meningkatkan minat baca memang bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak proses dan program yang harus ditempuh untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan tidak berhenti melakukan inovasi teradap perpustakaan desa. Dengan semakin banyak inovasi bermanfaat yang dilakukan diharapkan juga akan berdampak baik.

Posting Komentar untuk "Peran Penting Inovasi Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Minat Baca"