Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Perpustakaan Desa Untuk Mewujudkan Desa yang Sejahtera

Banyak orang yang bertanya-tanya apa si pentingnya perpustakaan desa? Padahal, jaman sudah maju dan berkembang. Semua informasi bisa didapatkan melalui sarana digital. Lalu, untuk apa perpustakaan desa dibangun? Jika Anda menanyakan hal ini, berarti Anda belum paham tentang manfaat dari perpustakaan desa.

Pentingnya Perpustakaan Desa Untuk Mewujudkan Desa yang Sejahtera

Perpustakaan desa sebenarnya merupakan sumber dari segala sumber informasi untuk warga desa. Harkat dan martabat seseorang bisa lebih meningkat, karena ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Namun, kebutuhan membaca rupanya masih disepelekan. Hal yang perlu ditingkatkan justru bagaimana cara meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat desa setempat.

Apa Pentingnya Perpustakaan Desa Bagi Desa?

Kegiatan membaca dirasa oleh masyarakat desa sebagai kegiatan orang-orang terpelajar saja. Namun, sesungguhnya ini merupakan tanggapan yang salah. Membaca diharapkan menjadi sebuah kegiatan pendidikan seumur hidup yang bisa dilakukan oleh semua orang dan semua usia. Berikut beberapa manfaat dan pentingya perpustakaan desa bagi masyarakat.

1. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan orang-orang desa
Buku-buku yang disediakan di perpustakaan desa bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat. Contohnya saja, para perajin dan peternak yang tinggal di desa tersebut bisa meningkatkan pengetahuannya untuk meningkatkan bisnisnya.

2. Tempat rekreasi yang murah
Masyarakat di jaman sekarang membutuhkan rekreasi untuk menyegarkan pikirannya. Nah, rekreasi di perpustakaan desa bisa menjadi salah satu hal yang menarik untuk dilakukan. Banyak bacaan yang menghibur yang disediakan di rak perpustakaan desa. Selanjutnya, warga pun bisa mempelajari berbagai kebudayaan lain dari buku-buku yang disediakan.

3. Pusat informasi murah
Buku-buku up to date disediakan di perpustakaan desa. Jika dibaca, hal tersebut bisa menambah pengetahuan bagi warga-warga desa. Informasi yang didapatkan bisa mewujudkan masyarakat desa yang kaya ilmu pengetahuan dan bisa bersaing dengan masyarakat di lingkungan perkotaan.

4. Membangun budaya gemar baca sejak kecil
Anak-anak merupakan ujung tombak dari negara yang maju dan makmur. Jika anak-anak Indonesia sudah dikenalkan dengan budaya literasi sejak kecil, hal ini akan berkembang hingga masa dewasanya. Gemar membaca akan membuat anak-anak haus akan pengetahuan dan terbiasa untuk membaca di berbagai kesempatan.

Tips Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Desa

Pada dasarnya, masyarakat desa memang tidak semelek masyarakat kota. Keinginan  untuk membaca pun lebih kecil, dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Namun, semua itu tidak menjadi halangan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat desa.

1. Mengenali pengunjung
Karena perpustakaan terletak di desa, maka pustakawan harus mengenali pengunjung pedesaan. Sediakan buku-buku dan referensi yang bermanfaat bagi masyarakat desa. Peletakan interior buku juga bisa diatur dengan sebaik mungkin. Jadi, pengunjung akan betah untuk membaca lama di perpustakaan.

Tips Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Desa

2. Melengkapi buku dengan majalah dan koran
Agar perpustakaan menjadi lebih menarik, maka pustakawan bisa melengkapi koleksi perpustakaan dengan koran dan majalah. Perpustakaan akan menjadi lebih menarik bagi masyarakat desa.

3. Membuat acara atau lomba
Untuk menarik perhatian masyarakat, pihak perpustakaan bisa mengadakan lomba-lomba dan acara. Lomba-lomba yang diadakan bisa disesuaikan dengan kegiatan yang mendidik masyarakat. Adanya lomba dan pelatihan akan memotivasi masyarakat setempat untuk datang ke perpustakaan.

4. Pengaturan ruangan dengan nyaman
Meskipun terletak di desa, bukan berarti penataan perpustakaan disepelekan. Jangan hanya dari luarnya saja yang bagus namun dalamnya berantakan. Ciptakan kondisi ruangan yang nyaman untuk membuat pembaca menjadi betah.

Ilmu pengetahuan merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Semua orang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cara membaca. Perpustakaan desa lahir untuk mewujudkan masyarakat desa untuk bisa membaca dunia menjadi lebih luas. Mari wujudkan cinta membaca dari sekarang.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Perpustakaan Desa Untuk Mewujudkan Desa yang Sejahtera"