Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Kegiatan Menarik dari Perpustakaan Desa yang Bermanfaat

Setiap mendengar kata perpustakaan, yang terbesit di benak Anda pasti sebuah tempat untuk meminjamkan beragam buku. Memang benar, perpustakaan desa merupakan sebuah program yang dibangun oleh pemerintah untuk memajukan pendidikan suatu desa. Kegiatan yang dilakukan di perpustakaan desa bukan semata-mata peminjaman buku saja.

Ketahui Kegiatan Menarik dari Perpustakaan Desa yang Bermanfaat

Beberapa kegiatan yang dilakukan melibatkan peran serta masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan kerjasama baik antara pihak perpustakaan desa dengan masyarakat. Diharapkan, semua kegiatan yang dilakukan memberikan dampak yang positif untuk kehidupan.

Kegiatan Pelatihan SDM oleh Perpustakaan Desa

Hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat di desa memberikan kesan menarik tersendiri bagi perpustakaan desa. Banyak apresiasi yang diberikan oleh masyarakat demi maju dan berkembangnya minat baca masyarakat. Nyatanya, perpustakaan desa tidak hanya dijadikan sebagai sarana baca yang murah.

Ada berbagai macam program pelatihan yang diselenggarakan. Beragam pelatihan yang dilakukan melibatkan seluruh masyarakat. Sumber Daya Masyarakat yang ada di lingkungan setempat diberdayakan dengan sangat baik. Hasilnya luar biasa, masyarakat menjadi semakin pintar dan kreatif.

Pelatihan-pelatihan yang diberikan antara lain adalah mengelola barang bekas menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Barang bekas bukan semata-mata sampah yang tidak memiliki nilai guna. Ada banyak benda menarik yang bisa diciptakan dari barang bekas. Semuanya digali dan dikupas dalam kegiatan pelatihan di perpustakaan desa.

Kegiatan Pelatihan SDM oleh Perpustakaan Desa

Hasilnya, masyarakat setempat menjadi lebih tahu bahwa banyak barang-barang berguna dan bernilai ekonomi yang tercipta dari barang-barang bekas. Bukan hanya tingkat ekonomi masyarakat yang semakin membaik. Namun, polemik sampah yang meresahkan lingkungan sekitar sedikit-demi sedikit bisa diatasi karena kegiatan ini.

Peran Serta Perpustakaan Desa Dalam Membangun Masyarakat

Untuk menjadi sebuah bangsa yang maju, ujung tombak yang harus terus menerus di asah adalah masyarakat bangsanya sendiri. Dalam hal  ini, perpustakaan desa berperan serta dalam membangun masyarakat. Beragam peran yang diberikan oleh perpustakaan desa kepada warga masyarakat antara lain :

1. Memberikan pengetahuan tentang warisan dan budaya
Indonesia merupakan sebuah negara  besar dengan warisan dan budaya yang luar biasa banyaknya. Warisan dan budaya harus dilestarikan dengan sebaik mungkin, agar bisa dinikmati dan diketahui oleh anak cucu di masa depan. Disinilah perpustakaan desa berperan.

Adanya buku-buku tentang warisan budaya, kegiatan diskusi, hingga pelatihan dan pameran bisa memberikan informasi yang sangat bermanfaat. Masyarakat desa tidak hanya bisa mempelajari seni melalui buku, namun bisa mempelajari seni bersama-sama untuk membuat budayanya terus lestari.

2. Sarana baca murah bagi masyarakat
Di jaman yang serba modern seperti sekarang, perpustakaan memang tidak seramai dulu. Banyak orang yang lebih memilih untuk membaca melalui buku digital, majalah digital, dan hal-hal serba digital lainnya. Namun disisi lain, minat baca masyarakat terhadap buku perlu dilestarikan.

Adanya perpustakaan desa menjadi wadah dan sarana baca super murah bagi masyarakat. Masyarakat bisa meluangkan waktu untuk berlibur ke perpustakaan desa dibandingkan pergi ke tempat-tempat lain yang notabene mengeluarkan banyak uang.

3. Meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat
Banyak membaca, banyak pula pengetahuan yang akan di dapat. Adanya perpustakaan desa mengajak masyarakat untuk rajin membaca demi meningkatkan pengetahuannya. Banyak informasi menarik yang didapatkan dari buku.

Contohnya, jika Anda ingin berwirausaha bisa membaca informasi tentang cara melakukan wirausaha. Misalnya saja cara beternak lele, cara membudidayakan tanaman, dan lain-lain. Karena pengetahuan sudah bertambah, maka usaha yang akan dilakukan menjadi lebih mudah terealisasikan.

Peran Serta Perpustakaan Desa Dalam Membangun Masyarakat

Sebagai generasi muda yang mencintai bangsa, mendukung program perpustakaan desa adalah hal penting yang harus dilakukan. Generasi muda cinta baca membuat kualitas negara menjadi semakin tersohor di mata dunia.

Posting Komentar untuk "Ketahui Kegiatan Menarik dari Perpustakaan Desa yang Bermanfaat"