Inilah Tips Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Desa Paling Jitu

Kita semua tentunya setuju bahwa kualitas dari sebuah perpustakaan, tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam hal meningkatkan minat baca orang-orang yang ada di desa tersebut. Jika perpustakaan memiliki kualitas yang baik, maka bisa dipastikan orang-orang akan lebih berantusias untuk mengunjunginya dan membaca buku ditempat tersebut.

Inilah Tips Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Desa Paling Jitu

Dengan demikian, maka mau tidak mau setiap perpustakaan desa tentunya perlu untuk menaikkan kualitasnya. Memang bukan hal mudah untuk membuat para warga yang ada disekitar perpustakan tertarik mendatangi dan membaca di perpustakaan desa. Namun kini sudah saatnya kembali mengembalikan minat tersebut. Silahkan simak tips berikut untuk meningkatkan kualitas perpustakaan.

Kenali Pengunjung Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali siapa pengunjung perpustakaan yang tengah Anda kelola. Jika Anda merupakan pengurus dari sebuah perpustakaan desa tentunya Anda sudah memiliki database siapa saja yang sering mendatangi perpustakaan tersebut. Anda bisa menyesuaikan koleksi buku dengan sasaran calon pengunjung perpustakaan.

Kenali Pengunjung Terlebih Dahulu

Jika kebanyakan pengunjung dari perpustakaan adalah para siswa maka Anda bisa memperbanyak buku-buku pelajaran sekolah. Namun selain itu jangan pula melupakan buku-buku pengetahuan umum ataupun buku-buku yang berkaitan dengan profesi warga sekitar. Karena jika Anda memiliki buku-buku yang membantu warga mendapatkan informasi seputar profesi mereka kemungkinan mereka akan rajin ke perpustakaan.

Lengkapi Koleksi Buku Di Perpustakaan

Hal yang sangat penting dan menentukan apakah sebuah perpustakaan memiliki kualitas yang baik atau tidak adalah dari kelengkapan koleksi bukunya. Sebagai pengurus perpustakaan desa Anda harus mengupayakan meningkatkan kualitas perpustakaan dengan menyediakan berbagai macam buku yang mampu menambah wawasan para pembacanya.

Lengkapi Koleksi Buku Di Perpustakaan

Usahakan perpustakaan desa memiliki koleksi yang lengkap. Kemudian cara peletakan buku-buku ini juga harus diatur dengan baik, rapi dan mudah untuk ditemukan. Sehingga para calon pembaca tidak merasa pusing dan kesal bahkan sebelum membaca. Agar lebih lengkap dan menarik minat letakan pula koran harian dan beberapa majalah informatif di perpustakaan.

Buat Ruangan Jadi Senyaman Mungkin

Kualitas perpustakaan desa yang baik tidak bisa dilepaskan dari kualitas ruangan. Untuk membuat para pembaca merasa tertarik dan nyaman berada di ruang perpustakaan, maka Anda harus mendesain ruang perpustakaan sebaik mungkin. Misalnya Anda bisa meletakan kursi baca yang cantik dan unik pada pojok-pojok ruangan, menambah mural di dinding perpustakaan.

Selain itu Anda juga harus pintar-pintar mengakali kondisi ruangan. Kebanyakan perpustakaan desa memang memiliki ruangan yang terbatas. Maka dari itu, Anda bisa meletakkan karpet ditengah ruangan atau disisi pojok, agar para pembaca bisa membaca disana. Jangan letakkan kursi dan meja besar di ruang perpustakaan jika tidak ingin perpustakaan terlihat semakin sempit.

Buat Ruangan Jadi Senyaman Mungkin

Anda juga harus memperhatikan pemandangan yang ada diluar ruangan. Apabila pemandangan diluar perpustakaan cukup bagus maka Anda bisa membuat ruangan memiliki jendela yang besar, sehingga para pembaca bisa membaca sambil menikmati pemandangan yang indah. Kemudian jika perpustakaan memiliki dana yang banyak ada baiknya untuk membeli beberapa komputer.

Jangan Ragu Untuk Mengadakan Event Di Hari penting

Untuk membuat perpustakaan desa lebih dikenal dan juga meningkatkan kualitasnya, maka ada baiknya Anda membuat event pada hari-hari penting. Misalnya saat hari kemerdekaan Indonesia Anda bisa membuat lomba mengarang bebas. Lalu pada hari pahlawan Anda bisa membuat lomba membaca puisi. Untuk menyiapkan perlombaan, maka akan ada banyak orang yang mengunjungi perpustakaan.

Jangan Ragu Untuk Mengadakan Event Di Hari penting

Selain event berupa lomba, Anda juga bisa membuat event-event seperti seminar tentang suatu isu atau hal yang sedang ramai. Atau seminar tentang pengetahuan seputar profesi terbesar warga sekitar, misalnya seminar tentang bercocok tanam jika sebagian besar warganya adalah petani. Dengan demikian maka para warga akan berminat untuk mengunjungi perpustakaan.

0 Response to "Inilah Tips Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Desa Paling Jitu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel