Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Minat Baca Menjadi Semakin Meningkat, Perpustakaan Desa Jawabannya

Perpustakaan Desa mungkin menjadi hal yang cukup asing di dengar. Beberapa waktu belakangan ini, pemerintah memang sedang sangat giat menggalakan pentingnya literasi, dan salah satu jawaban untuk memperbanyak literasi masyarakat Indonesia adalah melalui Perpustakaan Desa. Sebenarnya, apa itu Perpustakaan Desa?

Perpustakaan Desa merupakan tempat yang berisi buku-buku bacaan, biasanya tempat ini ada di setiap Rukun Tetangga, atau pun Rukun Warga. Biasanya, Perpustakaan Desa ini dikelola oleh masyarakat dan manfaatnya diambil oleh masyarakat. Perpustakaan Desa memang bisa dianggap sebagai solusi, agar minat baca di Indonesia menjadi semakin meningkat.

Agar Minat Baca Menjadi Semakin Meningkat, Perpustakaan Desa Jawabannya


Sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang memandang pesimis berbagai hal mengenai Perpustakaan Desa ini. Bahkan, ada beberapa daerah yang pesimis, apakah bisa membangun Perpustakaan Desa, karena untuk mencukupi sarana dan prasaran di desa mereka saja begitu sulit. Sebenarnya, apa saja pentingnya Perpustakaan Desa ini?

Perpustakaan Desa, Membantu Meningkatkan Minat Baca

Perpustakaan Desa memang akan memberikan berbagai macam dampak positif, terutama di lingkungan sekitar desa. Dengan adanya Perpustakaan Desa ini, anak-anak akan mencintai buku-buku bacaan sejak dini. Jika tidak ada perpustakaan desa, mungkin anak-anak akan bingung dimana mendapatkan buku bacaan.

Bahkan, dibandingkan dengan membeli sebuah buku bacaan, saat memiliki uang, anak-anak lebih memilih untuk membeli mainan atau jajanan. Berbeda cerita jika setiap desa memiliki perpustakaan. Mereka bisa mendapatkan bacaan dengan gratis, tanpa dipungut biaya, bisa jadi mereka akan menanamkan budaya membaca ini dari kecil.

Gemar membaca buku bacaan dari kecil akan membuat anak-anak memahami berbagai pengetahuan, bahkan terbiasa untuk memperoleh pengetahuan dengan basis literature yang baik. Ketika memperoleh sebuah pertanyaan, mereka akan mencari jawaban dengan cara membaca, mencari alasan-alasan tepat mengapa jawaban tersebut bisa diperoleh.

Hingga akhirnya, ketika mereka dewasa, mereka tidak akan mudah terpapar berita bohong, atau kabar yang tidak benar. Karena sesuai dengan kebiasaan yang sudah dilakukan dari kecil, mereka akan mencari informasi yang lengkap dan benar terlebih dahulu, melalui berbagai macam bacaan, dan akhirnya mereka bisa membuktikan apakah informasi tersebut benar atau tidak.

Perpustakaan Memiliki Fungsi Kultural

Tidak diduga, Perpustakaan Desa ternyata juga memiliki fungsi kultural. Perpustakaan Desa akan mendorong terciptanya sebuah kemajuan budaya di desa. Perpustakaan desa ini dapat digunakan sebagai tempat gelaran diskusi yang bersifat positif, menggelar pameran yang bertemakan pendidikan asyik dan yang lainnya.

Perpustakaan Desa pun akan menjadi tempat untuk warga mengembangkan seni serta budaya, pada akhirnya Perpustakaan Desa akan menjadi spirit yang sportif, untuk kemajuan ekonomi dan sosial. Meskipun terlihat begitu sederhana, kita tidak pernah melihat ternyata Perpustakaan Desa memiliki manfaat yang begitu besar.

Perpustakaan Memiliki Fungsi Kultural

Sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang bertanya-tanya, dari mana memperoleh dana untuk membangun Perpustakaan Desa? Sebenarnya ada beberapa opsi yang bisa dilakukan, desa bisa meminta donatur, bisa juga dari kas desa. Biasanya setiap desa memiliki kas dengan jumlah tertentu, terakhir bisa menggunakan dana desa. Pemerintah sudah menyiapkan dana desa untuk mendorong kemajuan desa, jadi mengapa tak digunakan?

Ilmu pengetahuan merupakan ilmu yang harus dimiliki oleh semua orang, selain itu semua orang memiliki hak untuk memperolehnya. Inilah alasan mengapa Perpustakaan Desa harus ada di setiap Rukun Warga atau pun Rukun Tetangga. Lebih-lebih jika Perpustakaan Desa ini bisa dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas menarik. Semoga informasi mengenai Perpustakaan Desa di atas bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Agar Minat Baca Menjadi Semakin Meningkat, Perpustakaan Desa Jawabannya"