Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Langkah Praktis Menciptakan Budaya Baca Di Masyarakat

Proses Terciptanya Budaya Baca
Setiap orang percaya bahwa budaya baca di dalam masyarakat itu sanngat penting. Namun tahukah kamu? Indonesia belum memiliki budaya baca yang baik di masyarakatnya.

Maka dari itu, berikut kami bagikan langkah yang bisa dilakukan untuk menciptakan budaya baca masyarakat:

  1. Dorong dan fasilitasi tumbuh-kembangnya perpustakaan dan taman bacaan. Ini terutama harus ada komitmen dari desa untuk selalu mendukung jalannya perpustakaan, serta inovasinya.
  2. Lakukan Pembinaan dan pengembangan perpustakaan dan minat baca masyarakat dengan cara komprehensif, efektif dan efisien dengan pemanfaatan perkembangan teknologi. Misalnya menggunakan data peminjam melalui komputer dan sebagainya.
  3. Lakukan Pembinaan dan pengembangan minat baca masyarakat dengan cara terencana, bertahap dan berkesinambungan. Misalnya ada rencana tahunan mengenai penambahan kelengkapan koleksi, sarana dan sebagainya. Selain itu juga perlu ada acara acara apresiasi tahunan bagi masyarakat yang rajin membaca.
  4. Berikan pembinaan dan pengembangan perpustakaan dan minat baca dengan pemanfaatan sumber daya yang ada. Sumber daya bisa berupa tenaga manusia ataupun peralatan perpustakaan. Misal perpustakaan memiliki halaman, maka bisa dijadikan tempat santai dengan fasilitas kursi dan meja, juga alat bermain anak-anak.
  5. Lakukan Pembinaan dan pengembangan  perpustakaan dan minat baca  dengan cara  terpadu/kerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait. Hal ini untuk menunjang kebutuhan pustaka, termasuk sumber dana dan sebagainya.
  6. Berdayakan masyarakat dengan memperkuat infrastruktur, sedangkan pemerintah sebagai katalisator/ penggerak. Akses ke perpustakaan sangat penting. Misal jalannya di Aspal dan diperindah dengan bunga-bunga di pinggir jalan. Sebisa mungkin kendaraan besar bisa masuk ke perpustakaan.
  7. Lakukan evaluasi pemberdayaan perpustakaan sebagai sarana pengembangan minat baca masyarakat secara terkoordinasi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota.
  8. Doronglah agar terbentuk dan terbinanya gerakan pemasyarakatan minat baca di pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota.
  9. Doronglah untuk berkembangnya profesi di bidang perbukuan dan sarana bacaan lainnya. Hal ini bisa melalui pelatihan, pengangkatan, bahkan jurusan di perguruan tinggi.
Demikianlah Proses Terciptanya Budaya Baca. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "9 Langkah Praktis Menciptakan Budaya Baca Di Masyarakat"