Surat Keputusan (SK) Organisasi Perpustakaan Desa

Surat Keputusan (SK) Organisasi
Sebuah perpustakaan desa harus memiliki struktur organisasi yang bertugas untuk mengelola perpustakaan tersebut secara baik dan benar, agar selanjutnya bisa beroperasi secara bermanfaat dan menarik masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan tersebut. Fungsi dari Surat Keputusan (SK) Organisasi sangat penting untuk pengajuan proposal, pengajuan dana, dan pembagian kerja dalam perustakaan.

Selain itu,  Surat Keputusan (SK) Organisasi juga berisi tentang ketentuan operasional (AD/ART) dalam perpustakaan, termasuk tugas kerja masing-masing struktur dan program pengembangannya. Sehingga dalam SK Organisasi tercantum semua hal yang berkaitan dengan operasional perpustakaan, dan petugas perpustakaan hanya tinggal melaksanakan ketentuan yang ada dalam SK tersebut.

Organisasi perpustakaan desa ditetapkan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan yang berwenang (Kepala Desa) agar organisasi itu sah dan resmi. Keputusan itu berisi pertimbangan:
Pengadaan pegawai / petugas.
Tugas,
Masyarakat yang harus dilayani,
Syarat kepala perpustakaan,
Tanggung jawab dan kewenangan,
Bagan struktur organisasi,
Beban mata anggaran,
Kewajiban membuat laporan,
Pembuatan rencana dan program serta penjabaran kerja.
Pengadaan anggaran menurut sumber kekuatan legal/formal.
Pertanggungjawaban kepada pejabat yang berwenang.

Semua poin di atas perlu ditentukan oleh kepala desa melalui rapat desa, atau rapat dengan para pengurus perpustakaan yang dibentuk sebelum pengajuan permohonanSurat Keputusan (SK) Organisasi.

Demikianlah Surat Keputusan (SK) Organisasi Perpustakaan Desa. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Surat Keputusan (SK) Organisasi Perpustakaan Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel