Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Perpustakaan Hati Bersinar Desa Purworejo Jawa Timur

Profil Perpustakaan Hati Bersinar Desa Purworejo Jawa Timur

Latar Belakang
Undang- undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan mengamanatkan bahwa setiap warga negara wajib membaca dan perpustakaan sebagai sarana penting dalam program pembudayaan membaca masyarakat tersebut. Selaras dengan garis besar program di atas, sekaligus dalam upaya memperluas cakrawala informasi dan komunikasi antar masyarakat dan mendorong terbentuknya reading society, learning society dan knowledge based society Perpustakaan Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar Propinsi Jawa Timur menyediakan buku/ koleksi bahan pustaka sebagai sarana belajar kepada masyarakat umum.

Potensi desa yang menjadi sasaran program perpustakaan ini adalah masyarakatnya yang agraris maksudnya sebagian penduduknya bermatapencaharian pertanian (sawah, kebun, dan ternak) berjumlah 8.247 penduduk. Di desa ini juga berdiri lembaga pendidikan PAUD (Play Grouf ) sebanyak 4 lembaga, TK sebanyak 4 lembaga ,SD/MI sebanyak 6 lembaga, SMP/MTs sebanyak 2 lembaga dengan jumlah peserta didik ± 2000 siswa. Usia anak- anak menjadi preoritas sasaran program pembudayaan membaca yaitu usia pra sekloah sampai ke usia tingkat SD. Meskipun perpustakaan sekolah juga berkembang namun melalui kerja sama dengan sekolah perpustakaan desa menjadi lebih berdayaguna dan berhasilguna.

Kendala utama kegiatan perpustakaan desa berkisar pada rendahnya budaya baca masyarakat sehingga pengelola harus mengerahkan energi ekstra jika tidak mau perpustakaannya layaknya seperti ”kuburan”. Kreatifitas SDM menjadi ujung tombak keberhasilan pendekatan, selain itu managemen profesional wajib dikembangkan untuk membuat perpustakaan desa berfungsi ganda (edukatif ,infotemen). Variasi kegiatan yang menarik merupakan terobosan yang cukup membantu lancarnya kegiatan. Kendala lain yaitu mengenai anggaran yang masih dalam tahap pengusulan untuk dapatnya difasilitasi secara tetap baik dari APBD/ APBN maupun donatur serta bantuan lain yang tidak mengikat.

Visi
“Mencerdaskan bangsa melalui budaya membaca”

Misi
Mengembangkan dan melaksanakan program perpustakaan desa untuk memberi kesadaran pada masyarakat pentingnya membaca sejak dini
Menggerakkan minat baca masyarakat dengan menyediakan koleksi bahan bacaan berkualitas
Mengembangkan budaya bangsa Indonesia yang berkepribadian dan berkarakter

Indikator keberhasilan
Unggul dalam mutu pengelolaan dan pelayanan.
Unggul dalam kreativitas dan ramai pengunjung pembaca
Unggul dalam kuantitas dan kualitas koleksi

Struktur Organisasi
Pembina :Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kab.Blitar
Penanggungjawab : Kepala Desa Purworejo Sanankulon Blitar
Kepala Perpustakaan Desa : Rahayuningtyas, S.Pd.M.Pd.
Penanggungjawab Layanan : Rona Nirayanti, SPsi
Penanggungjawab Koleksi : Gunawan
Penanggungjawab Usaha : Unggul Cahyo Utomo
GPMB : Ferdinand Galih Putra
Pengelola tetap (full time) : Luky Wahyu Apriwiyanto

Posting Komentar untuk "Profil Perpustakaan Hati Bersinar Desa Purworejo Jawa Timur"