Perpustakaan Desa Jalupang Berhasil Menjadi yang Terbaik 2018

Perpustakaan Desa Jalupang Berhasil Menjadi yang Terbaik 2018
Kelurahan Jalupang Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan berhasil meraih juara 1 perpustakaan desa terbaik tahun 2018, pada Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik Tahun 2018. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca, pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten.

Lurah Jalupang, Haryadi Mahali mengaku terharu serta bangga terhadap program perpustakaan desa yang meraih juara 1. "Terimkasih juga kepada Ibu Walikota Tangsel yang selalu memberikan semangat, agar masyarakat gemar membaca. Saya sebagai lurah hanya mencontoh dari program pemerintah Kota Tangerang Selatan," katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Haryadi berharap kedepan perpustakaan desa ini terus berkembang. Dan penghargaan ini menjadi motivasi bagi warga, untuk mengkampanyekan literasi kepada generasi muda.

"Mudahan-mudahan dengan penganugrahan yang diraih hari ini, memberi semangat pada perpustakaan desa yang lain. Sehingga bisa semakin banyak yang tumbuh dan berkembang perpustakaan-perpustakaan yang bagus dan berkualitas," ujarnya.

Dalam pengembangan perpustakaan desa, lanjut Haryadi, menggaet pihak swasta untuk bekerjasama dalam meningkatkan minat baca masyarakat. "Di kelurahan memang kita gunakan gedung yang ada, yang bisa digunakan untuk perpustakaan. Tapi untuk di RW-RW kita kerjasama dengan pihak swasta, melalui program CSR dari persatuan purnawirawan Bank Indonesia berupa gedung perpustakaan," katanya.

Kendati demikian, Haryadi menilai banyak desa-desa lain yang memiliki perpustakaan yang bagus dan memiliki fasilitas yang lebih baik. Namun, perpustakaan di Kelurahan Jelupang paling lengkap dan memadai."Sehingga tidak heran, banyak anak sekolah-sekolah ketika jam istirahat berkunjung ke perpustakaan kami, untuk sekedar membaca atau meminjam buku," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi dan Layanan Perpustakaan DPK Provinsi Banten Usman Asshidiqi menjelaskan, dalam penilain lomba perpustakaan desa/kelurahan terbaik 2018, banyak aspek yang menjadi peniliaan selain keberadaan perpustakaan yang memadai dan kelengkapan fasilitasnya."Ada beberapa penilaian, selain sarana prasarana. Juga diantaranya, koleksi bahan pustaka, sistem, dukungan pimpinan daerah dan kerjasama dengan lembaga lain dan lain-lain," katanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel