Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peresmian Operasional Perpustakaan Desa

Peresmian Operasional Perpustakaan Desa
Peresmian pengoperasian dilakukan oleh pejabat yang berwenang setelah semua unsure siap. Acara seremonial itu dimaksudkan sebagai sosialisasi, publikasi dan promosi agar masyarakat setempat mengetahui adanya perpustakaan umum desa dan selanjutnya berkunjung untuk memanfaatkannya.

Peresmian sejatinya tidak perlu besar-besaran, cuku sederhana dan disesuaikan dengan anggaran dana yang ada. Namun biasanya, bila sudah legal dan sah di bawah pemerintah desa, dana yang dimiliki cukup banyak. Sehingga seremonialnya pun lebih besar.

Seremonial yang besar bisa diisi dengan lomba lomba yang berkaitan dengan perpustakaan. Misalnya lomba baca puisi, lomba cerita pendek, lomba pidato dan lomba pemahaman terhadap isi sebuah buku.

Pembentukan perpustakaan desa yang baru semestinya mencakup yang sudah ada, tinggal memelihara dan meningkatkan melalui pembinaan yang teratur. Masing-masing mempunyai criteria dasar yang harus disesuaikan dengan kondisi desa setempat. 

Fungsi dari seremonial atau acara pembukan sangatlah penting. Hal tersebut selain sebagai peresmian, juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat. Dengan seremonial, masyarakat sudah tahu kalau itu acara pembukaan perpustakaan, dan otomatis tahu kalau sudah ada perpustakaan desa. Kemeriahan acara memiliki daya Tarik tersendiri di hati masyrakat untuk mengunjungi perpustakaan desa di hari selanjutnya. 

Demikianlah Peresmian Operasional Perpustakaan Desa. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Peresmian Operasional Perpustakaan Desa"