Perlunya Pengadaan Perpustakaan Desa Untuk Menambah Minat Baca Masyarakat

Penyediaan Perpustakaan Desa Untuk Masyarakat
Perpustakaan desa atau taman baca lainnya sangat penting bagi masyarakat. Karena perpustakaan merupakan tempat untuk belajar dan memperkaya pengetahuan melalui buku-buku yang tersedia. Masyarakat akan semakin luas wawasannya apabila rajin membaca di perpustakaan yang ada. Sehingga masyarakat pun tidak akan tertinggal dari perkembangan zaman dan teknologi, serta mampu bersaing dengan negara luar.

Indonesia sebagai negara berkembang, belum secara maksimal memiliki perpustakaan untuk masyarakat terutama di desa-desa terpencil. Karena, lembaga sekolah saja masih belum merata atau tidak tersedia secara menyeluruh. Sehingga dibutuhkan kerja keras dari pemerintah dan aktivis masyarakat untuk senantiasa memajukan masyarakat desa, baik melalui lembaga pendidikan maupun penyediaan perpustakaan.

Penyediaan perpustakaan bagi masyarakat desa sangat dibutuhkan di era sekarang ini. Karena zaman semakin maju dan setiap orang dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. Wawasan yang luas bisa didapatkan melalui perpustakaan desa. Sehingga setiap anggota masyarakat yang ada dalam lingkup kerja dan keluarga (bukan lagi sekolah) mampu sewaktu-waktu menambah wawasan mereka melalui membaca buku.

Pemerintah melalui Dana Desa yang diluncurkan oleh Permendes semestinya menjadi peluang bagi aparatur desa untuk mengadakan perpustakaan desa. Tetapi ide/niat dari mereka masih terbatas, sejalan dengan tingkat pendidikan mereka yang rendah. Sehingga pemerintah desa tidak memiliki inisiatif yang kuat untuk mengadakan perpustakaan desa.

Dengan keadaan yang demikian, pemerintah semestinya mensosialisasikan lebih jauh mengenai program kerja kemajuan yang mesti diajalankan oleh desa. Sehingga Dana Desa tidak sia-sia keberadaannya, bahkan apalagi dikorupsi oleh aparat desa sendiri. Karena tanggung jawab pemerintah adalah memajukan masyarakatnya.

Selain itu, elemen akademisi atau mahasiswa sebaiknya mengawal program dalam sebuah desa. Sehingga ada program yang dijalankan kaitannya dengan pengadaan perpustakaan desa. Dengan demikian, pemerintah dan aparat desa saling berbagi informasi, baik terkait dengan cara pengadaan ataupun cara pembelian koleksi buku perpustakaan. Karena di usia ini, akses sudah lebih mudah dan leluasa terutama dengan adanya teknologi atau website. Kita bisa melakukan pembelian buku melalui distributor buku yang ada di website atau google.

Demikian Penyediaan Perpustakaan Desa Untuk Masyarakat. Semoga bermanfaat![]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel