Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengadaan Metode / Teknik Pengelolaan Perpustakaan Desa

Pengadaan Metode / Teknik Pengelolaan Perpustakaan Desa
Setelah perpustakaan memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan, selanjutnya adalah penyusunan tata kelola dan tata kerja perpustakaan. Teknik atau metode pengelolaan perpustakaan meliputi aturan kerja unsur unsur yang ada dalam perpustakaan tersebut. Misalnya bagian keuangan, sekretaris, sarana dan prasarana dan sebagainya. 

Termasuk dalam metode dan tata kelola perpustakaan adalah manajemen koleksi buku dan manajemen pengunjung peprustakaan. Manajemen koleksi meliputi perencanaan pengadaan, pelaksanaan dan inventarisasi barang. Selain itu juga dalam manajemen koleksi ada katalogisasi dan penataan buku buku yang ada.

Tata kelola koleksi peprustakaan juga ada pelelangan barang, untuk koleksi yang sudah rusak. Dan kemudian perlu diganti dengan koleksi yang baru. 

Dalam manajemen pengunjung, biasanya ada pembuatan aturan untuk para pengunjung, baik dalam hal peminjaman buku maupun syarat masuk perpustakaan. Misalnya untuk warga KTP luar desa, harus membayar atau tidak. Begitupun dengan maksimal peminjaman bukunya. Biasanya diberi perbedaan perbedaan antara pengunjung internal dan pengunjung eksternal.

Dalam tata kelola peprustakaan memang biasanya ada ilmu Manajemen Perpustakaan tersendiri. Dalam manajemen tersebut dibahas banyak mulai dari perencanaan pengadaan, manajemen koleksi, SDM, Pengunjung, Event, Kegiatan dan sebagainya. Sehingga perpustakaan bisa dikelola secara maksimal.

Demikianlah Pengadaan Metode / Teknik Pengelolaan Perpustakaan Desa. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pengadaan Metode / Teknik Pengelolaan Perpustakaan Desa"