Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembuatan Pedoman Teknis Perpustakaan Desa

Pembuatan Pedoman Teknis Perpustakaan Desa
Perpustakaan desa perlu melakukan Pembentukan kebijakan, pengelolaan perpustakaan/pembuatan pedoman teknis pengelolaan perpustakaan berdasarkan panduan yang standar yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional, seperti ukuran ruang, sarana dan prasarana, koleksi, dan pengolahan. Hal tersebut agar sesuai dengan standar dan sesuai pula dengan kebutuhan masyarakat. 

Namun pemenuhan standar teknis hanyalah satu pilihan bagi perpustakaan yang sudah besar dan memiliki koleksi lengkap. Tetapi alangkah baiknya standar tersebut dijadikan rencana dalam jangka panjang ke depannya. Sehingga secara perlahan standar tersebut bisa terpenuhi. 

Yang terpenting adalah perpustakaan dimulai secara perlahan dan bertahap, dari ruang, koleksi dan kebutuhan utama lainnya. Perihal pengembangan bisa dilakukan secara pelan pelan sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada.

Sebuah perpustakaan desa bisa berkembang apabila terus bermakna dan dikunjungi oleh masyarakat secara terus menerus. Tentu memerlukan sosialisasi dan pembaharuan yang baik, agar masyarakat tidak merasa bosan. 

Dalam hal administrasi, perpustakaan bisa dimulai dari pendataan atau inventarisasi perlengkapan, koleksi buku, keuangan dan buku pengunjung. Sehingga tertib administrasi bisa terlaksana dan tidak semberaut dalam operasionalnya.

Demikianlah Pembuatan Pedoman Teknis Perpustakaan Desa. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pembuatan Pedoman Teknis Perpustakaan Desa"