Apa Makna Apresiasi Bagi Pihak Yang Peduli di Perpustakaan Desa?

Pemberian Apresiasi Bagi Pihak Yang Peduli dalam Perpustakaan Desa
Setelah sebuah desa sudah memiliki perpustakaan desa ataupun taman baca, serta sudah ada gerakan gemar membaca bagi masyarakat, maka selanjutnya perlu adanya upaya agar para relawan pengadaan gerakan gemar membaca merasa senang dalam membantu memajukan masyarakat, bahkan tetap bertahan dan merasa senang dalam mendampingi membaca masyarakat. Cara tersebut merupakan hiburan atau apresiasi bagi para relawan atau akademisi agar kegiatan membaca merasa dihargai dan bermakna bagi pemerintah atau masyarakat.

Apresiasi tersebut bisa berupa hadiah yang diberikan pada acara tertentu, hari pustaka desa misalnya, yang diadakan di desa yang dimaksud. Sehingga para relawan tidak merasa jenuh dan bosan dalam membantu minat baca masyarakat. Sebagaimana sebuah perusahaan, para pekerja akan giat bekerja bila diapresiasi dengan gaji atau hadiah lainnya.

Sejauh ini para relawan pendidikan, termasuk bidang perpustakaan desa, masih sangat minim. Maka dari itu perlu ada perhatian yang lebih dari pemerintah agar banyak relawan yang merasa dihargai. Tentu juga melalui fasilitas yang disediakan untuk mereka. Pemerintah tidak boleh lagi hanya mementingkan korupsi uang negara atau dana desa. Dana desa perlu digunakan sebaik-baiknya.

Apresiasi untuk para relawan atau akdemisi yang terlibat dalam pengadaan dan gerakan perpustakaan desa, bisa berupa piagam penghargaan, baik kertas maupun piala. Kertas biasanya berupa sertifikat sebagai relawan, sedangkan piala biasanya berbentuk kuning keemasan dan tampak menarik untuk dilihat serta sudah umum digunakan sebagai penghargaan bagi seseorang.

Berdasarkan penelitian penelitian yang ada, kinerja seseorang akan merasa dihargai dan senang bila diberikan apresiasi oleh atasannya. Walaupun berbentuk relawan, bukan berarti mereka tidak suka dengan penghargaan. Justru mereka akan merasa senang dengan apresiasi demikian. Dan untuk selanjutnya mereka memiliki obat hati dan lelah atas kinerjanya untuk desa.

Dengan demikian, sebaiknya para aparatur desa yang sudah berhasil menjalankan gerakan gemar membaca masyarakat memberikan apresiasi bagi pihak pihak yang terlibat dalam pengadaan dan gerakan perpustakaan tersebut. Sehingga tidak hanya masyarakat yang merasa senang, melainkan juga pihak yang terlibat seperti RT/RW, relawan, sponsor dan sebagainya.

Demikian Pemberian Apresiasi Bagi Pihak Yang Peduli. Semoga bermanfaat! []

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel