Pembentukan Koleksi Pertama Perpustakaan Desa

Pembentukan Koleksi Pertama Perpustakaan Desa
Setelah perpustakaan desa sudah memiliki gedung atau ruang, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah Pembentukan pertama koleksi perpustakaan. Koleksi yang dimaksud adalah buku-buku yang harus ada dalam perpustakaan desa. Untuk selanjutnya buku tersebut agar dibaca oleh masyarakat sekitar.

Pembentukan pertama koleksi perpustakaan desa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membeli pada distributor buku, baik langsung atupun melalui media online. Selain itu juga bisa membeli langsung kepada took buku. Namun terkadang buku yang ada di toko buku tidak lengkap dan tidak sesuai dengan target koleksi perpustakaan desa.

Sebelum kita membli buku koleksi, pasti kita sebelumnya harus membuat katalog atau kategori buku jenis apa saja yang akan dijadikan koleksi perpustakaan. Misalnya buku agama, IPA, Bahasa dan umum dan lain sebagainya. Sehingga nantinya sesuai dengan harapan masyarakat dan kebutuhan mereka semua.

Pembentukan koleksi pertama perpustakaan desa tidaklah sulit. Tinggal bagaimana kita mengakses informasi. Di media internet sudah banyak bersebaran distributor buku yang siap memilihkan buku bagus dan mengrimnya ke perpustakaan desa yang memesan. Sehingga perpustakaan desa tinggal menerima saja tanpa menjemput jauh jauh ke luar kota.

Demikianlah Pembentukan Koleksi Pertama Perpustakaan Desa. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel