Minat Baca Rendah, Perlu Gerakan Gemar Membaca untuk Masyarakat

Mempromosikan Gerakan Gemar Membaca untuk Masyarakat
Salah satu cara untuk menumbuhkan gemar membaca masyarakat adalah melalui gerakan gemar membaca. Gerakan gemar membaca bisa dilakukan secara bersama-sama, yan dipandu oleh sebuah relawan atau akademisi atau pemerintah, dengan tahapan-tahapan terntu. Sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antara relawan atau akademisi, pemerintah desa dan masyarakat.

Pertama-tama, relawan bersama aparatur pemerintah desa mengadakan sosialisasi kepada masyarakat akan adanya gerakan tersebut. Sehingga masyarakat memiliki pandangan perihal rencana yang akan dilaksanakan. Selanjutnya pemerintah desa mengadakan perpustakaan desa atau pun taman baca, baik terpusat maupun menyebar ke setiap RW/RT. 

Selanjutnya pemerintah dan relawan membuat rancangan jadwal atau aturan-aturan yang berkaitan dengan kewajiban membaca bagi masyarakat. Misalnya, pemerintah desa membuat aturan agar setiap warga wajib membaca pada jam 19.00-20.00 malam hari. Selanjutnya jadwal tersebut disebarkan ke setiap RT/RW untuk diumumkan kepada masyarakat sekitar. 

Gerakan gemar membaca ini sangatlah sederhana adanya. Asalkan desa memiliki fasilitas perpustakaan atau taman baca untuk sarana buku yang akan dibaca oleh amsyarakat. Tentu saja buku tersebut boleh dipinjam oleh warga untuk dibaca di rumah masing masing sesuai kewajiban yang telah dijadwalkan oleh apparat desa atau relawan.

Gerakan gemar membaca sangatlah baik untuk masa depan Indonesia. Agar masyarakat melek pengetahuan melalui buku yang mereka baca. Dengan demikian masyarakat akan maju dan mampu bersaing dengan negara luar. Bahkan produktif dalam hal ekonomi terutama, sehingga masyarakat bisa mandiri.

Tetapi gerakan inilah saat ini yang jarang diperhatikan oleh berbagai pihak. Pasalnya, saat ini sangat jarang para relawan dan apparat desa yang bersedia untuk menyediakan perpustakaan dan merumuskan gerakan gemar membaca di atas. Dengan demikian, ke depannya diharapkan pemerintah dan relawan atau akdemisi lebih memperhatikan hal tersebut.

Demikian Mempromosikan Gerakan Gemar Membaca. Semoga bermanfaat![]

0 Response to "Minat Baca Rendah, Perlu Gerakan Gemar Membaca untuk Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel