Jenis-Jenis Koleksi Buku Yang Penting Bagi Perpustakaan Desa

Jenis-Jenis Koleksi BukuYang Penting Bagi Perpustakaan Desa
Sebuah perpustakaan desa perlu memiliki koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan para pembacanya sehingga bisa bermanfaat dan menarik. Maka dari itu, dibawah ini kami pilihkan jenis-jenis buku yang penting adanya dalam sebuah perpustakaan, disertai penjelasannya. Sehingga bisa menjadi bahan acuan bagi perpustakaan desa yang ingin mengadakan buku-buku koleksinya.

Pengetahuan Agama Islam
Mayoritas masyarakat di Indonesia beragama islam, walaupun ada beberapa desa yang mayoritas beragama selain islam. Bagi masyarakat yang beragama islam, koleksi buku buku agama sangatlah penting. Karena mereka harus mengetahui agama secara lebih jauh dan luas. Sehingga mereka dalam beragama islam tidak setengah setengah, melainkan beragama secara menyeluruh. Faktanya, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui agama islam secara sempurna, apalagi yang hanya didapatkan dari pendidikan sekolah. Maka dari itu, diperlukan danya koleksi buku agama islam agar masyarakat mengetahui agama islam secara lebih luas.

Kesenian dan Keterampilan
Kesenian di Indonesia hari Ini sudah mulai dilupakan oleh generasi mudanya. Sehingga dibutuhkan buku buku kesenian dan keterampilan agar generasi muda tetap menjaga keenian, serta mengembangkan keterampilan mereka. Misalnya seni dan keterampilan ukir kayu. Sebenarnya sangat dibutuhkan untuk kemajuan generasi muda.

Kesehatan Masyarakat
Ilmu kesehatan, terutama pengobatan alami, saat ini sudah tidak dibudayakan oleh para generasi muda masyarakat. Karena mereka lebih percaya pada rumah sakit. Padahal, jika kita menggunakan cara sehat dan pengobatan alami secara mandiri, kita tidak akan terbebani dengan kelemahan ekonomi atau uang. Bukankah sehat itu mahal? Dan rumah sakit itu juga mahal? Maka perlulah adanya pengetahuan tentang kesehatan dan pengobatan melalui buku yang ada di perpustakaan.

Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Pertanian dan perkebunan masyarakat Indonesia masih jauh dari kata produktif. Hal tersebut karena masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang cara-cara bertani dengan baik dan benar. Sehingga diperlukan koleksi buku perpustakaan desa yang membahas tentang pertanian dan perkebunan agar masyarakat bisa semakin produktif dan sejahtera secara ekonomi.

Budidaya Peternakan
Indonesia merupakan negara yang sangat potensial untuk budidaya peternakan dengan keadaan alamnya yang hijau dan subur. Namun, kenapa masih banyak hewan yang diimpor dari luar negeri? Hal tersebut karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang peternakan. Sehingga mereka dalam beternak masih kurang produktif dan tidak subur. Sehingga diperlukan bahan bacaan yang membahas tentang cara beternak yang baim dan benar.

Budidaya Perikanan
Indonesia merupakan negara yang memiliki luas lautan terbesar ke-2 di dunia. Namun para nelayan masih belum produktif dan tidak memenuhi harapan masyarakat. Ikan ikna masih mahal dan sulit dicari. Kenapa? Karena mereka belum memiliki konsep budidaya ikan secara baik, benar dan berpeluang bisnis dalam skala besar. Sehingga diperlukan buku koleksi tentang budidaya perikanan agar dibaca oleh masyarakat dan mereka mampu mengembangkan budidaya tersebut.

Bisnis dan Kewirausahaan
Bisnis adalah impian semua orang. Tetapi, kenapa tidak semua orang bisa berwirausaha dan berbisnis secara baik? Karena mereka memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai bisnis. Sehingga diperlukan bahan bacaan untuk mereka bisa berbisnis dan mengembangkan bisnisnya. Di desa, bisnis yang paling potensial biasanya bisnis hasil alam, seperti gula merah, kacang dan sebagainya.

Wawasan Kebangsaan dan Antikorupsi
Wawasan kebangsaan sangat diperlukan bagi masyarakat. Karena saat ini masih banyak masyarakat dan bahkan generasi muda yang tidak tahu tentang negara Indonesia. Yang mereka tahu hanya sekedar wilayah mereka sendiri. Sementara mengenai apa itu Indonesia dan negara, serta apa asas-asanya, masih sangat minim. Sehingga diperlukan wawasan kebangsaan bagi masyarakat melalui koleksi buku kebangsaan di perpustakaan desa.

Bacaan Anak
Di usia ini, anak balita sudah mulai menempuh pendidikan dan belajar membaca. Sehingga mereka juga perlu diberikan bahan bacaan khusus untuk anak yang ada di perpustakaan desa. Agar mereka mampu berkembang dan memiliki kesempatan membaca yang sama dengan orang dewasa.

Sejarah dan Kebudayaan
Orang orang kita sudah banyak yang lupa akan sejarah. Bahkan sebelumnya sejarah hanya diberitakan dari mulut ke mulut. Sehingga lambta laun menjadi hilang di dunia masyarakat. Maka dari itu diperlukaan sebuah cataan berupa buku bacaan untuk dibaca oleh siapa saja di perpustakaan desa. 

Cerita, Dongeng, Novel dan Fiksi
Cerita sangat penting dibaca oleh masyarakat dan anak-anak. Karena buku cerita biasanya mengandung pelajaran yang berharga bagi mereka. Selain itu, buku cerita dan dongeng lebih menyenangkan dibaca daripada membaca buku buku ilmiah lainnya. Sehingga diperlukan adanya koleksi buku dongeng dan cerita dalam perpustakaan desa. 

Motivasi, Psikologi dan Pengembangan Diri
Setiap orang terkadang mengalami jalan hidup yang stress dan membingungkan. Sehingga mereka membutuhkan motivasi untuk hidup mereka menjadi lebih baik dan berkembang. Maka dari itu, dalam perpustakaan desa dibutuhkan adanya buku tentang motivasi dan pengembangan diri.

Teknik dan Ilmu Terapan
Teknologi saat ini semakin berkembang pesat. Sehingga kita membutuhkan pengetahuan tentang teknologi agar tidak ketinggalan zaman. Misalnya pengolahan bahan produksi menggunakan mesin dan sebagainya. Sehingga dalam perpustakaan desa dibutuhkan adanya buku tentang Teknik dan Ilmu Terapan lainnya.

Hukum & Perundangan
Masyarakat saat ini tidak boleh lagi mau dibodohi oleh hokum dan perundangan. Mereka harus tahu tantng hokum dan perundangan yang berlaku. Sebut saja misalnya UU tentang Dana Desa. Bila masyarakat masih awam dan tidak tahu undang undangnya, maka mereka akan dengan mudah dibodohi oleh para apparat desa. Dengan kata lain, mayarakat tidak menikmati manfaat dari dana desa karena dikorupsi oleh pemerintah. Maka dari itu, perlu adanya buku tentang undang-undang dan hokum untuk dibaca oleh masyarakat di perpustakaan desa.

Pengetahuan Umum
Pengetahuan umum juga penting bagi masyarakat. Misalnya pengetahuan tentang Ilmu Sosial dan sebagainya. Karena kehidupan dalam masyarakat sangat kompleks dan memerlukan banyak wawasan. Sehingga diperlukan adanya buku tentang pengetahuan umum untuk masyarakat di perpustakaan desa.

Referensi - Ensiklopedia
Buku ensiklopedia sangat berguna untuk memperkaya istilah atau Bahasa popular dalam masyarakat. Karena di zaman ini, Bahasa popular sudah banyak digunakan dan masyarakat semestinya paham akan maknanya. Selain itu, dalam ensiklopedia juga bisa ditemukan tentang apa yang mereka cari. Misalnya tokoh islam dan sebagainya.

Referensi – Kamus
Kamus, baik Bahasa inggris maupun Bahasa Indonesia, sangat bermakna bagi generasi masyarakat di saat sekarang. Karena masih banyak masyarakat yang berbahasa Indonesia saja masih belum bisa. Apalagi Bahasa inggris atau arab. Sehingga diperlukan adanya buku kamus untuk masyarakat belajar tentang Bahasa asing dan Indonesia, agar mereka bisa berkomunikasi dengan dunia luar. Misalnya, banyak produk sekarang yang berbahasa inggris. Dan untuk memahaminya memerlukan kamus. 

Demikianlah Jenis-Jenis Koleksi BukuYang Penting Bagi Perpustakaan Desa. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Jenis-Jenis Koleksi Buku Yang Penting Bagi Perpustakaan Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel