Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa Mitra: Cara Unik Menumbuhkan Minat Baca Masayarakat

Desa Mitra: Cara Unik Menumbuhkan Minat Baca Masayarakat
Desa Mitra merupakan upaya sebuah gerakan akademisi atau mahasiswa dalam menjalankan sebuah tujuan dengan menggandeng aparat desa yang yang menjadi objek gerakan untuk menjadi mitra atau partner. Hal tersebut pula yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Diponegoro (Undip) dalam menjalankan upaya peningkatan minat baca masyarakat.

Mereka memiliki program desa mitra dengan cara mengajar dan berdonasi buku untuk anak jalanan dan masyarakat kurang mampu di Kota Semarang. Sehingga anak anak dan desa menerimanya untuk kemudian dibaca dan bermanfaat untuk orang banyak. 

Cara ini sangat cocok untuk para relawan atau akademisi dalam melancarkan upaya mereka. Karena desa dan masyarakat menjadi mitra mereka, dalam artian mereka tidak bergerak sendiri. Melainkan dituntun oleh desa atau masyarakat setempat. Hal yang demikian hamper sama dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun bedanya, desa mitra bisa bergerak bebas dan berkelanjutan tanpa jadwal sebagaimana KKN.

Desa mitra bisa menjadi contoh atau acuan bagi para relawan dan akademisi mahasiswa. Sehingga mereka bisa bergerak secara bermanfaat bagi masyarakat, dan tidak hanya belajar di kampus saja. Mereka bisa belajar dengan pengalaman yang baru di masyarakat secara langsung.

Adapun caranya adalah kita perlu menyiapkan apa yang akan kita berikan kepada masyarakat. Misalnya buku perpustakaan. Setelah itu kita mulai berkoordinasi dengan apparat desa setempat tentang program kita. Kemudian kita laksanakan program tersebut. Sangat sederhana, namun diperlukan keberanian dan tekad yang kuat. Menghilangkan rasa malu dan sebagainya.

Demikianlah Desa Mitra: Cara Unik Menumbuhkan Minat Baca Masayarakat. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Desa Mitra: Cara Unik Menumbuhkan Minat Baca Masayarakat"